ASAL USUL  BULU TANGKIS

Permainan / olah raga bulu tangkis berasal dari india yang terkenal dengan nama Poona, namun permainan ini tidak berkembang di India dan para perwira perang Inggris membawa bulu tangkis ini ke Inggris dan untuk pertama kalinya dimainkan secara resmi di kota badminton tempat kediaman Duke of Beaufort. Pada tahun 1934 didirikan IBF. Ketika itu yang menjadi anggota hanya beberapa negara yakni inggris, denmark, perancis, irlandia, netherland, selandia baru, dan wales. Sedangkan ketua IBF yang terpilih adalah Sir George Thomas dari Inggris. Tahun 1949 diadakan pertandingan beregu putera untuk memperebutkan piala dari Sir George Thomas yang kemudian terkenal dengan nama Thomas Cup. Dan pada tahun 1957 diadakan pertandingan beregu putri untuk memperebutkan piala yang diberikan dari Ny. Betty Uber yang terkenal dengan nama Uber Cup. Thomas cup dan Uber cup dilaksanakan 3 tahun sekali. Di Indonesia permainan bulu tangkis ini baru dibentuk pada tangal 5 Mei 1951 dengan terbentuknya PBSI. dan pada tahun 1968 Indonesia untuk pertama kalinya menjadi juara dunia tunggal putra melalui Rudi Hartono.

Permianan bulu tangkis merupakan permainan yang menggunakan sebuah raket dan shuttlecocks yang dipukul melewati net. Permainan bulu tangkis dapat dimainkan oleh putra dan putri, dengan bentuk permainan: tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Setiap partai terdiri dari 3 set tetapi bila pemain menang dua set langsung, maka set yang ketiga tidak dilanjutkan.

PERLENGKAPAN PERMAINAN BULU TANGKIS

a. Ukuran Lapangan Bulu tangkis Panjang Lapangan Bulu Tangkis = 13.40 m Lebar Lapangan Bulu Tangkis = 6.10 m Bentuk Lapangan Bulu Tangkis = Empat persegi panjang Tebal garis tepi = 5 cm Bahan Lapangan Bulu Tangkis : – tebuat dari tanah atau pasir – terbuat dari semen atau tegel – terbuat dari papan kayu – terbuat dari karpet sintetis tinggi net bulu tangkis = 1.55 m, tepi net diberi pita yang lebarnya 0.05 m dan lebar net 0.75 m dan panjang net 6.10 m

b. Raket Raket terbuat dari bahan yang kuat dan ringan, boleh terbuat dari kayu seluruhnya, kepala kayu batang logam, atau seluruhnya logam. Berat raket tidak boleh kurang dari 150 gr. Jenis raket terbagi atas : – Raket yang berat bagian kepala (untuk tipe permainan keras) – Raket yang berat bagian pegangannya (untuk tipe pemain halus/main didepan net) – Raket yang beratnya seimbang (untuk tipe pemain yang netral)

c. Senar Jenis senar yang dipakai dalam raket bermacam seperti: – senar yang terbuat dari usus binatang (babi) : lentingan baik sekali dan mudah putus – senar yang terbuat dari nilo : lentingan baik dan sewaktu-waktu dapat putus – senar yang terbuat dari plastik senar : lentingan kurang baik dan cukup kuat

d. Shuttlecocks Kok permainan bulutangkis tersebut dari bagian kepala dan bulu. Kepala terbuat dari gabus yang dibungkus dengan lapisan kulit yang tipis dan kuat, sedangkan bulunya dari bulu itik, angsa, dan bulu ayam yang jarang dipakai. Adapun ukuran kok adalah: Panjang bulu kok / shuttlecocks = 60 x 70 mm Diameter gabus shuttlecocks = 25-28 mm Jumlah bulu kok /shuttlecocks = 14-16 helai Berat bola kok / shuttlecocks = 4.73-5.5 gr Garis tengan lingkaran bulu = 54 mm

MACAM-MACAM PUKULAN

a. forehand : dapat dilakukan dengan pukulan servis, caranya apabila raket dipegang tangan kanan maka bola dipukul dari samping kanan

b. backhand : sama dengan pukulan forehand. Kalau pukulan forehand dilakukan apabila bola datang arahnya di samping kanan setinggi pinggang, maka backhand apabila bola arahnya samping kiri

c. pukulan servis : ada dua macam yanitu pukulan servis tinggi (dilakukan dengan forehand)dan pukulan servis pendek (dilakukan dengan forehand atau backhand)

d. pukulan di atas kepala: dilakukan dengan forehand maupun backhand, ada 3 macam yaitu drop shot, smash, dan lob.

e. pukulan dari bawah : dilakukan dengan pukulan lob sehingga bola melambung ke belakang dibidang lawan atau pukulan net

f. pukulan lurus/drive : dilakukan apabila bola datangnya datar sejajar dengan net.

SCORING

Berdasarkan situs BWF, berikut merupakan sistem perolehan nilai / scoring dalam olahraga bulu tangkis

  • Sebuah pertandingan dapat terdiri dari 3 set dari 21 poin dan pemenang adalah pihak yang menang dua set.
  • Setiap kali ada serve – ada kesempatan mencetak poin.
  • Pihak yang menang rally langsung mendapatkan poin.
  • Pada poin imbang 20, pihak yang memperoleh 2 poin pertama, memenangkan permainan.
  • Pada poin seimbang 29, pihak mencetak titik-30, memenangkan permainan itu.
  • Pihak yang memenangkan set serve pertama di set berikutnya.
Interval dan Perubahan Berakhir
  • Ketika skor terkemuka mencapai 11 poin, pemain memiliki interval 60 detik.
  • Interval 2 menit antara setiap permainan diperbolehkan.
  • Pada set ketiga, pemain mengubah posisi ketika skor terkemuka mencapai 11 poin.

ORGANISASI BULUTANGKIS

a. Organisasi Bulutangkis Dunia

Di dunia, organisasi bulutangkis adalah BWF (Badminton World Federation) dan asosiasi ini diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) sebagai badan dunia untuk olahraga bulu tangkis. The BWF diberdayakan oleh IOC dan BWF itu 179 Anggota untuk mengatur olahraga bulutangkis di seluruh dunia. Fokus utama BWF itu adalah mengatur, mempromosikan, mengelola dan mengembangkan olahraga di seluruh dunia. Hal ini hanya dapat dicapai dalam kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan, yang paling penting adalah BWF Members, lima Continential Konfederasi dan mitra komersial dan media BWF itu.

Markas besar

The BWF memiliki kantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia.

Gedung Amoda, Unit 17.05, Lantai 17

22 Jalan Imbi, 55100 Kuala Lumpur

Tel +603 2141 7155 / Fax +603 2143 7155

bwf@bwfbadminton.org

b. Organisasi Bulutangkis Indonesia

Untuk di Indonesia sendiri, organisasi bulutangkis resmi adalah PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia). PBSI didirikan pada tahun 1951 di Bandung. Ketua PBSI periode saat ini adalah Gita Wiryawan (2012-2016).

Markas PBSI

Jl. Pelatnas PBSI Kel/Kec. Cipayung Jakarta Timur 13840 – Indonesia

Telp : (021) 8445078, 8445080 / Fax : (021) 8445079

E-mail : admin@pb-pbsi.org

TINGKATAN KEJUARAAN BULU TANGKIS KELAS DUNIA

BWF membagi kejuaraan bulu tangkis kelas dunia menjadi beberapa tingkatan, baik kejuaraan individu dan kejuaraan BWF.

Kejuaraan BWF

Yang dimaksud dengan kejuaraan BWF adalah kejuaraan bulu tangkis kelas dunia yang diselenggarakan langsung oleh BWF. BWF akan menunjuk tuan rumah yang akan dijadikan tempat pelaksanaan kejuaraan BWF tersebut ataupun komite olimpiade internasional untuk pelaksanaan kejuaraan bulu tangkis di Olimpiade. Berikut ini merupakan kejuaraan bulu tangkis BWF.

- Kejuaraan Dunia

Kejuaraan Dunia diadakan sejak tahun 1977 dan mulai tahun 1985-2005, kejuaraan dunia diadakan setiap dua tahun sekali. Sejak tahun 2006 hingga sekarang, BWF membuat kejuaraan dunia dilakukan setahun sekali. Namun, setiap tahun keempat, apabila pada tahun tersebut dilaksanakan olimpiade, kejuaraan dunia bulutangkis BWF pada tahun tersebut tidak dilaksanakan. Berita menggembirakan bagi warga negara Indonesia bahwa pada tahun 2015, Jakarta (Indonesia) ditunjuk untuk menyelenggarakan kejuaraan dunia bulutangkis BWF.

- Kejuaraan Dunia Yunior

Sama halnya dengan kejuaraan dunia, kejuaraan dunia yunior bulutangkis BWF merupakan kejuaraan dunia kategori yunior paling bergengsi karena memperebutkan titel pemain terbaik dunia yunior untuk umur dibawah 19 tahun.

- Piala Thomas

Piala Thomas merupakan kejuaraan bulutangkis internasional untuk kategori beregu putra yang diadakan setiap dua tahun sekali. Setiap regu/negara yang mengikuti Piala Thomas terdiri dari 5 kategori (3 tunggal, 2 pasangan). Dalam pertandingan, negara peserta yang memenangkan 3 kategori pertandingan dari 5 kategori tersebutlah yang keluar sebagai pemenang. Indonesia sendiri sudah 13 kali merasakan gelar Piala Thomas, diikuti dengan China dengan 9 kali gelar Piala Thomas dan Malaysia meraih 5 kali gelar juara. Namun sejak tahun 2004-2012, China selalu keluar sebagai juara di Piala Thomas. Indonesia sendiri terakhir merasakan gelar juara Piala Thomas adalah tahun 2002.

- Piala Uber

Sama seperti Piala Thomas, Piala Uber merupakan kejuaaran bulutangkis internasional beregu namun khusus untuk beregu wanita. Piala Thomas dan Piala Uber selalu dilaksanakan bersamaan dalam satu penyelenggaraan kejuaraan yang berlangsung setiap dua tahun sekali. Dalam pertandingan Piala Uber, setiap negara peserta akan memainkan 5 kategori pertandingan (3 tunggal, 2 ganda), sama seperti pertandingan Piala Thomas.  China merupakan negara dengan koleksi terbanyak juara Piala Uber, yaitu sebanyak 11 kali, disusul dengan Jepang menjuarai Piala Uber sebanyak 5 kali, kemudian Indonesia dan Amerika Serikat menjuarai Piala Uber sebanyak 3 kali dan Korea Selatan baru sekali menjuarai Piala Uber. Sejak tahun 1998-2012, China hanya sekali gagal meraih juara Piala Uber setelah kalah di partai puncak dari Korea Selatan pada tahun 2010.

- Piala Sudirman

Piala Sudirman merupakan kejuaraan dunia bulutangkis internasional beregu campuran dengan 5 kategori pertandingan, yaitu tunggal putra / men’s singles, tunggal putri / women’s singles, ganda putra / men’s doubles, ganda putri / women’s doubles, dan ganda campuran / mixed doubles. Sama halnya dengan Piala Thomas-Piala Uber, Piala Sudirman diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Pertama kali, Piala Sudirman dilaksanakan di Gelora Bung Karno pada tahun 1989. Pada tahun 2015, Kota Dongguan, China akan menjadi tempat diselenggarakannya Piala Sudirman. Indonesia pernah sekali mencicipi gelar juara Piala Sudirman pada tahun 1989, namun sejak tahun 1991-2013, China dan Korea Selatan menjadi kampiun pada kejuaraan Piala Sudirman ini. Korea Selatan meraih gelar Piala Sudirman sebanyak 3 kali dan China meraih gelar Piala Sudirman sebanyak 9 kali. Sejak tahun 1995-2013, China hanya sekali gagal menjadi juara Piala Sudirman setelah dikalahkan Korea Selatan pada tahun 2003.

- Olimpiade Cabang Olahraga Bulu Tangkis

Bulu tangkis mulai dipertandingkan menjadi salah satu cabang olahraga di Olimpiade sejak tahun 1992 di Barcelona, Spanyol. Pada tahun tesebut, Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma berhasil meraih medali emas untuk Indonesia. Setiap penyelenggaraan Olimpiade sejak dipertandingkan pada tahun 1992, Indonesia hampir selalu meraih medali emas pada cabang ini dan hal ini tampak sudah menjadi andalan Indonesia untuk mendulang emas Olimpiade. Namun sayang untuk penyelenggaraan Olimpiade London 2012, Indonesia gagal total mendulang emas Olimpiade.

Kejuaraan Individu

Kejuaraan individu bulutangkis internasional diselenggarakan oleh masing-masing negara anggota BWF dimana BWF membagi kejuaraan tersebut menjadi beberapa tingkatan. Di setiap tingkatan tersebut, terdapat perbedaan jumlah poin yang diterima untuk peringkat ranking dunia dan jumlah total hadiah di kejuaraan tersebut. Berikut ini merupakan kejuaraan individu bulu tangkis internasional.

- BWF Event

Kejuaraan ini merupakan kejuaraan yang diselenggarakan oleh BWF. Contoh kejuaraan ini adalah BWF World Championship

- Super Series Premiere

Kejuaraan bulu tangkis internasional kelas / tingkatan Super Series Premiere merupakan kejuaraan bulu tangkis internasional bintang enam yang berupa kejuaraan individu. Untuk tingkat Super Series Premiere, hanya ada lima kejuaraan yang memiliki status kejuaraan bulu tangkis internasional super series premiere, yaitu Indonesia Open, Malaysia Open, Denmark Open, China Open, dan All England Open.

- Super Series

Kejuaraan bulu tangkis ini merupakan kejuaraan bulu tangkis internasional setara bintang lima. Kejuaraan bulu tangkis internasional yang berstatus Super Series adalah Korea Open, India Open, Singapore Open, Japan Open, French Open, Australia Open, dan Hongkong Open.

- Grand Prix Gold

GP Gold merupakan kejuaraan internasional bulu tangkis sekelas bintang empat. Yang termasuk kejuaraan internasional bulu tangkis GP Gold adalah India GP Gold, Indonesia GP Gold, German Open Badminton Championship, Badminton Swiss Open, Malaysia GP Gold, China Master – BWF GP Gold, Thailand Open, US Open, Chinese Taipei Open, dan London GP Gold.

- Grand Prix

Kejuaraan bulutangkis grand prix merupakan kejuaraan bulu tangkis sekelas bintang tiga. Contoh kejuaraan Grand Prix ini adalah New Zealand Open, Canada Open, Russian Open, Brasil GP, Vietnam Open, Dutch Open, dan Scottish Open.

- International Challenge

Kejuaraan Internasional Challange merupakan salah satu kejuaraan bulu tangkis internasional. Contoh kejuaraan international challenge ini adalah Swedish Master, Iran Fajr International Challenge, Polish Open, French Open, Kazakhstan International Challenge, dan Maldives Badminton International Challenge.

- International Series

Kejuaraan international series merupakan kejuaraan bulu tangkis internasional yang masuk dalam kalender BWF. Contoh kejuaraan international series ini adalah Estonian International, Iceland International, Uganda International, Croatian International, International Argentina, dan Venezuela Internacional.

- Future Series

Future Series merupakan kejuaraan internasional bulu tangkis dengan kelas paling rendah di dunia bulu tangkis profesional.  Contoh kejuaraan future series adalah Riga International, Lithuanian International, dan Slovak Open.

PERHITUNGAN POIN DAN HADIAH KEJUARAAN BULU TANGKIS INTERNASIONAL

Untuk melakukan klasifikasi pemain terbaik dunia masing, BWF melakukan beberapa kriteria perhitungan. Berikut ini merupakan perhitungan poin ranking (berdasarkan situs BWF) :

  • Mendapatkan poin penilaian dengan bermain di turnamen berdasarkan tingkat/statusnya
  • Di rangking jika mereka telah bermain di dua atau lebih turnamen berdasarkan status turnamen dalam setahun terakhir
  • Mendapatkan poin dengan bermain dan menang dalam turnamen pertandingan
  • Semakin tinggi level turnamen, semakin banyak poin yang diraih
  • Dapat mengikuti Olimpiade dan Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis / Badminton World Championship berdasarkan ranking dunia 

Berdasarkan situs bulutangkis.com, dasar perhitungan poin atlet untuk perhitungan ranking dunia bulu tangkis berdasarkan beberapa hal berikut ini :

  1. Poin yang dihitung hanya dari turnamen selama satu tahun terakhir.
  2. Jika bertanding lebih dari 10 turnamen maka perhitungan poin hanya diambil dari 10 terbaik yang diikuti.
  3. Jika bertanding kurang dari 10 turnamen maka seluruh poin yang diraih masuk dalam perhitungan.
  4. Pertandingan pada turnamen beregu juga masuk dalam perhitungan peringkat.
  5. Jika ada lebih dari 1 kali turnamen beregu yang diikuti pemain maka hanya 1 turnamen dengan nilai tertinggi yang dimasukkan.
  6. Kalau pemain memperoleh BYE pada Round 1 (R1) dan kalah di Round 2 (R2) maka poin yang dihitung adalah poin yang diraih pada R1.
  7. Kalau memperoleh BYE pada R1, menang di R2, dan kalah di R3, maka poin yang dihitung adalah poin yang diraih pada R3.
  8. Kalau menang WO di R1, lalu kalah di R2, poinnya yang diraih pada R2.
  9. Kalau memperoleh BYE di R1, menang WO di R2, kalah di R3 maka poin yang diraih adalah point pada R3.
  10. Pada turnamen grade 3 & 4 jika ada pemain memperoleh Wild Card namun langsung kalah, maka atlet tidak memperoleh poin.
  11. Tambahan Atlet (pasangan) baru akan memperoleh poin jika 2 kali ikut turnamen, dan poinnya akan disimpan dulu untuk turnamen selanjutnya.
Rounds BWF Events(BWF World WCH & OG) BWF Superseries Finals &Premier Super series Grand Prix Gold Grand Prix Intl Challenge Intl Series Future Series
Winner
12000
11000
9200
7000
5000
4000
2500
1700
Runner up
10200
9350
7800
5950
4250
3400
2130
1420
*3/4
8400
7700
6420
4900
3500
2800
1750
1170
5/8
6600
6050
5040
3850
2750
2200
1370
920
9/16
4800
4320
3600
2720
1920
1520
920
600
17/32
3000
2660
2220
1670
1170
920
550
350
33/64
1200
1060
880
660
460
360
210
130
65/128
600
520
430
320
220
170
100
60
129/256
240
170
130
90
70
40
20
257/512
120
80
60
40
30
20
10
513/1024
60
40
30
25
20
10
5

Raihan Poin Bulu Tangkis Berdasarkan Level Kejuaraan / Turnamen Bulu Tangkis

Setiap kejuaraan / turnamen bulu tangkis internasional, menawarkan jumlah hadiah yang beragam. Berikut ini merupakan total hadiah dari berbagai turnamen / kejuaraan bulu tangkis internasional tahun 2014 dalam kalender BWF.

a. Hadiah Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia Level Super Series Premiere- Indonesia Open 2014 berhadiah USD 750.000 (Level Super Series Premiere) – Malaysia Open 2014 berhadiah USD 500.000 (Level Super Series Premiere) – China Open 2014 berhadiah USD 700.000 (Level Super Series Premiere) – All England Open 2014 berhadiah USD 400.000 (Level Super Series Premiere) – Denmark Open 2014 berhadiah USD 600.000 (Level Super Series Premiere)

b. Hadiah Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia Level Super Series – Victor Korea Open 2014 berhadiah USD 600.000 (Level Super Series) – Singapore Open 2014 berhadiah USD 300.000 (Level Super Series) – India Open 2014, French Open 2014, Yonex Open Japan 2014, Hongkong Open 2014, berhadiah USD 250.000 (Level Super Series) – Austalian Open 2014 berhadiah USD 750.000 (Level Super Series)

c. Hadiah Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia Level Grand Prix Gold (GP Gold) – Thailand Open 2014, US Open 2014, Malaysia GP Gold 2014, Indonesia GP Gold 2014, German Open Badminton Championship 2014, India GP Gold, London GP Gold berhadiah USD 120.000 (Level GP Gold) – Swiss Open 2014 berhadiah USD 125.000 (Level GP Gold) – Chinese Taipei Open 2014 berhadiah USD 200.000 (Level GP Gold) – China Master – BWF GP Gold berhadiah total USD 250.000 (Level GP Gold)

d. Hadiah Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia Level Grand Prix – Korea Open GP – TBC, Macau Open GP berhadiah USD 120.000 (Level GP) - New Zealand Open 2014, Canada Open 2014,  Russian Open 2014, Dutch Open 2014, Scottish Open 2014 berhadiah USD 50.000 (Level GP)

e. Hadiah Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia Level International Challenge – USA International 2014 berhadiah USD 15.000 (Level International Challenge)

f. Hadiah Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia Level International Series – Polish International 2014 berhadiah USD 10.000 (Level International Series)

PERINGKAT DUNIA PEMAIN / ATLET BULU TANGKIS

Berdasarkan situs BWF di http://www.bwfbadminton.org/page.aspx?id=14955 yang dikeluarkan tanggal 20 November 2014, berikut ini merupakan daftar peringkat pemain bulu tangkis terbaik dunia. Lee Chong Wei asal Malaysia masih menjadi pemimpin (leader) untuk kategori tunggal putra dengan poin 97131. Tahun 2014 ini, Lee Chong Wei berdiri sebagai runner up Li-Ning BWF World Championships 2014 sebelum dikalahkan Chen Long, semifinalis di BCA Indonesia Open 2014, runner-up di Victor Korea Open 2014 dan menjadi juara di Maybank Malaysia Open 2014, Sunrise India Open 2014, Yonex All England Open 2014 dan Yonex Japan Open 2014. Kekalahan Chong Wei dari Kenichi Tago pada ajang BCA Indonesia Open 2014 di babak semifinal tidak mempengaruhi peringkatnya. Namun berdasarkan berita yang dikeluarkan oleh asosiasi bulutangkis malaysia (BAM) menyatakan bahwa ditemukan adanya unsur doping (dexamethasone) dari sampel B seorang atlet Malaysia, kemungkinan besar adalah sampel milik Lee Chong Wei, akan mempengaruhi peringkat Lee dalam 2 tahun ke depan, terkait dengan ancaman sanksi yang menanti atlet badminton putra no,1 dunia ini bila ternyata hal tersebut benar terjadi (Sumber : The Gurdian Post). Chen Long sendiri masih membuntuti Lee Chong Wei di peringkat kedua dengan poin 87241 dan satu-satunya wakil Indonesia kategori tunggal putra pemain bulu tangkis terbaik dunia di peringkat 5 besar, Tommy Sugiarto berada di peringkat keempat dengan poin 64933. Permainan yang ditunjukkan Tommy Sugiarto di BCA Indonesia Open 2014 tidak maksimal dimana Tommy terhenti di babak 32 besar.  Pada ajang BWF World Championships, Tommy terhenti di babak semifinal sebelum ditaklukan Chen Long. Jan O Jorgensen, pebulutangkis asal Denmark berada di peringkat ketiga dengan poin 69623. Jan O Jorgensen berhasil menjadi kampiun pada ajang BCA Indonesia Open 2014, 2014 Intersport European Championships dan menjadi semifinalis pada ajang Maybank Malaysia Open 2014, Swiss Open 2014, Yonex-Sunrise India Open 2014, dan Yonex Japan Open 2014. Kenichi Tago berada di peringkat kelima dengan poin 62394. Kenichi Tago sendiri di tahun 2014 ini mendapatkan hasil yang cukup baik dengan berhasil mencapai babak perempat final Yonex All England Open Badminton Championship 2014 dan babak semifinal Maybank Malaysia Open 2014, Victor Korea Open 2014, dan Yonex Japan Open 2014 serta menjadi Runner Up pada ajang BCA Indonesia Open 2014. Kekalahan Kenichi Tago pada ajang Piala Thomas 2014, atas Lee Chong Wei berhasil dibalas pada ajang BCA Indonesia Open 2014 di partai semifinal. Jan O Jorgensen memiliki tahun yang cukup baik tahun ini dengan masuk semi final di BCA Indonesia Open 2014, Swiss Open 2014, Sunrise India Open 2014, dan Maybank Malaysia Open 2014 serta masuk perempat final di Victor Korea Open 2014. Wang Zhengming di posisi kesembilan dengan poin 55990 atau turun tiga tingkat dari posisi sebelumnya. Son Wan Ho berhasil naik satu tingkat di posisi keenam dengan poin 59852. Simon Santoso masih belum menunjukkan performa gemilangnya kembali karena absen di banyak pertandingan akibat sakit demam berdarah pada bulan agustus lalu. Simon Santoso sendiri berhasil menjadi finalis Austalia Badminton Open 2014 dan menjadi kampiun pada ajang Yonex-Sunrise Malaysia GP Gold 2014 dan OUE Singapura Open Super Series 2014. Simon Santoso juga bermain gemilang pada ajang Piala Thomas dengan selalu mengalahkan lawan-lawannya, terutama pada babak perempat final dimana Simon menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Korea. Dengan hasil gemilang tersebut, PBSI pun membuka peluang bagi Simon Santoso untuk kembali ke pelatnas. Lin Dan (China), mantan atlet bulutangkis putra no.1 dunia, berhasil masuk kembali ke peringkat sepuluh besar dunia setelah di ajang Thaihot China Open 2014, berhasil menjadi runner up. Tahun 2014, performa yang ditunjukkan Lin Dan cukup mengesankan dengan berhasil merebut berbagai tahta tertinggi berbagai turnamen seperti Yonex Open Chinese Taipei 2014, The Star Australian Badminton Open 2014, Badminton Asia Championship 2014, dan China Master CPG 2014 serta berhasil menjadi runner up pada ajang China Open 2014. Atlet putra asal India, K. Srikant, berhasil masuk sepuluh besar setelah di ajang China Open 2014 berhasil mengalahkan Lin Dan dengan skor 21-19, 21-17 dan menduduki peringkat sepuluh dengan poin 53987. Simon Santoso dan Dionisius Hayom Rumbaka sendiri hanya berada di peringkat ke-26 dan ke-27 dunia.

Di tunggal putri, China masih mendominasi posisi tiga teratas pemain bulu tangkis tunggal putri terbaik dunia dengan Li Xuerui di peringkat pertama dengan poin 98444, Wang Shixian di peringkat kedua dengan poin 85337, dan Wang Yihan dengan poin 78761 di peringkat ketiga. Untuk tahun 2014, Li Xuerui sendiri memenangkan kejuaraan Denmark Open 2014, Maybank Malaysia Open 2014, Yonex Japan Open 2014, dan BCA Indonesia Open 2014 dan menjadi finalis di French Open 2014, All England Open 2014, Sunrise India Open 2014, 2014 OUE Singapore Open, dan BWF World Championships 2014. Untuk tahun ini, Wang Shixian menorehkan prestasi cemerlang dengan menjuarai French Open 2014,  Yonex All England 2014 dan Sunrise India Open 2014 serta berhasil menjadi runner up pada kejuaraan Maybank Malaysia Open 2014 dan Badminton Asia Championship 2014, masuk semi final Swiss Open 2014, BCA Indonesia Open 2014 dan Australia Badminton Open 2014 dan perempat final Victor Korea Open 2014. Wang Yihan sendiri juga menorehkan prestasi bagus di tahun 2014 dengan menjuarai Victor Korea Open 2014 dan Swiss Open 2014 serta masuk perempat final di Maybank Malaysia Open 2014. Sayangnya untuk kejuaraan Yonex All England 2014 dan Sunrise India Open 2014, langkah Wang Yihan hanya sampai babak semi final setelah selalu kalah dari Wang Shixian. Pemain asal Korea Selatan yaitu Sung Ji Hyun di peringkat kelima atau harus turun satu tingkat dengan poin 66824 dan Ratchanok Intanon asal Thailand berada di peringkat keenam dengan poin 62692. Saina Nehwal (India) berhasil naik satu tingkat ke peringkat keempat dengan poin 69431 setelah berhasil menjadi juara di ajang Thaihot China Open 2014, mengalahkan tunggal putri asal Jepang, Akane Yamaguchi. Indonesia pun tidak menempatkan wakilnya di 10 besar bulu tangkis dunia tunggal putri. Yang menarik adalah prestasi yang diukirkan noleh Carolina Marin (Spanyol) yang berada di peringkat kedelapan dengan poin 60998 dimana Marin berhasil menjadi juara di BWF World Championships 2014 setelah menundukkan Li Xuerui dalam pertandingan tiga set ketat, 21-17 17-21 18-21 dalam tempo 1 jam 19 menit. Tahun 2014 ini, Carolina Marin berhasil menjadi juara di beberapa ajang seperti 2014 Intersport European Championships, BWF World Championship 2014, dan berhasil menjadi finalis di ajang Australian Badminton Open 2014 dan Spanish Open 2014. Untuk kategori pebulutangkis putri, Indonesia tertinggal jauh dengan China, Jepang, Korea, Thailand, bahkan Spanyol. Posisi terbaik atlet bulu tangkis tunggal putri Indonesia hanya di peringkat ke-22 dunia atas nama Adrianti Firdasari dengan poin 37826.

Di kategori ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan masih menempati posisi ketiga dengan poin 72470 dimana pasangan ini harus turun tahta setelah kekalahan pasangan kebanggaan Indonesia ini atas ganda putra Korea Selatan, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong di partai final BCA Indonesia Open 2014. Permainan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan terbilang cemerlang untuk tahun 2014 ini setelah berhasil memenangkan kejuaraan All England 2014 dan menjadi runner up Yonex Japan Open 2014 dan BCA Indonesia Open 2014. Di ajang Asian Games Incheon 2014, Hendra Setiawan/Moh Ahsan berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan ganda putra terbaik dunia dari tuan rumah atas nama Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong kembali menjadi ganda putra terbaik dunia dengan poin 88388. Setelah sanksi BWF atas pasangan ini dicabut, permainan ganda putra andalan Korea Selatan ini sangat disegani lawan-lawannya. Hal ini terbukti setelah Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong selalu menjadi kampiun pada ajang yang diikuti yaitu di Yonex Japan Open 2014, BCA Indonesia Open 2014, Australia Badminton Open 2014, Jeonju Victor Korea GP 2014, dan Thaihot China Open 2014 serta menjadi runner up di ajang BWF World Championships 2014 sebelum dikalahkan oleh rekan senegaranya atas nama pasangan Sung Hyun Ko/Baek Choel Sin dan finalis Denmark Open 2014 sebelum dikalahkan ganda putra China, Fu Haifeng/Zhang Nan. Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa, berada di posisi keempat ganda putra bulu tangkis terbaik dunia dengan poin 68332. Pasangan ganda putra Jepang ini bermain sangat gemilang pada ajang Piala Thomas 2014 dengan hanya kalah satu pertandingan saat melawan ganda Denmark di babak penyisihan grup B dan memenangkan pertandingan final melawan ganda putra Malaysia di ajang yang sama, Piala Thomas 2014. Mathias Boe / Carsten Morgensen (Denmark) berada di peringkat kedua dengan poin 74779. Mathias Boe / Carsten Morgensen berhasil menjadi juara di ajang French Open 2014, Sunrise India Open 2014, 2014 European Team Championship, dan Victor Korea Open 2014 serta menjadi finalis semifinalis di ajang Denmark Open 2014, BWF World Championship 2014, 2014 European Intersport, dan Swiss Open 2014. Pasangan ganda putra Indonesia lainnya, yaitu Gideon Markus Fernaldi/Markis Kido berada di peringkat kesepuluh dunia ganda putra bulutangkis dengan poin 56480 setelah pada kejuaraan bulutangkis Swiss Open 2014 berhasil melaju sampai babak perempat final dan pada kejuaraan bulutangkis dunia Yonex-Sunrise Malaysia CPG 2014 berhasil masuk semifinal Untuk ganda putra dan menjadi kampiun pada ajang yonex Indonesia Master 2014. Indonesia masih memiliki taji yang cukup ditakuti lawan-lawannya dan menjadi andalan Indonesia dalam berbagai kompetisi/kejuaraan dunia bulu tangkis.

Di ganda putri, China masih mendominasi posisi sepuluh besar ganda putri bulu tangkis terbaik dunia dengan menempatkan empat pasangan. Bao Yixin/Tang Jinhua (China) berada diperingkat kedua dengan poin 76800 dimana pada ajang Victor Korea Open 2014, Maybank Malaysia Open 2014, OUE Singapura Open 2014, dan Swiss Open 2014 berhasil mencapai tahta tertinggi. Ganda putri asal Denmark yaitu Kamilla Rytter Juhl/ Christina Pedersen berada di peringkat keempat dengan poin 73240. Ganda putri asal Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi berada di peringkat pertama dengan poin 78795. Ganda putri Jepang lainnya, Reika Kakiiwa/Miyuki Maeda berada di peringkat keenam dengan poin 67083. Peringkat ketiga sendiri diduduki ganda putri China, Tian Qing/Zhao Yunlei dengan poin 73682. Wang Xiaoli/Yu Yang (China) berada di posisi lima dengan poin 71090. Ganda putri China lainnya, Luo Ying/Luo Yu, tahun ini bermain sangat apik dimana berhasil juara di China International Challenge 2014, China Master CPG 2014, dan Badminton Asia Championships 2014, menjadi semifinalis pada ajang Swiss Open 2014, 2014 OUE Singapore Open 2014, Australian Badminton Open 2014, dan French Open 2014. Prestasi tersebut membawa pasangan ini, Luo Ying/Luo Yu berada di peringkat ketujuh dengan poin 66310. Indonesia hanya menempatkan Nintya K Maheswari/Greysia Polii berada di peringkat kesepuluh dengan poin 56127. Nintya/Greysia bermain cukup baik tahun ini dengan menjuarai Yonex Open Chinese Taipei 2014, runner up swiss open 2014, semifinalis victor korea open 2014 dan prestasi yang membanggakan adalah memperoleh medali emas Asian Games 2014 setelah di partai semifinal mengalahkan ganda no 1 asal China, Bao Yixin/Tang Zinhua dan di partai final mengalahkan ganda terbaik Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. Emas pertama Indonesia di ganda putri bulutangkis pada Asian Games setelah 36 tahun puasa gelar.

Selain di ganda putra, ganda campuran merupakan salah satu sektor yang menjadi andalan Indonesia dalam berbagai ajang walaupun akhir-akhir ini terjadi sedikit kemunduran prestasi atlet Indonesia. Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir berada di peringkat keempat dengan poin 70940, Riki Widyanto/Puspita Richi Dili berada di peringkat kesebelas dengan poin 49640, dan Markis Kido/Pia Zebaidah berada di peringkat kedua belas dunia dengan poin 47860. Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir berhasil menjadi juara di 2014 OUE Singapore Open 2014 dan All England 2014 dan menjadi semifinalis di Maybank Malaysia Open 2014, Yonex-Sunrise India Open 2014 dan BCA Indonesia Open 2014. Posisi pasangan Indonesia ini harus turun karena tidak banyak mengikuti ajang kompetisi. Peringkat pertama dan ketiga ditempati wakil China atas nama Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan poin 86690 yang berada di peringkat pertama dan Xu Chen/Ma Jin berada di peringkat kedua dengan poin 82260. Peringkat ketiga diduduki ganda campuran denmark, Joachim Fischer Nielssen/Christina Pedersen dengan poin 74490 setelah menjadi kampiun di BCA Indonesia Open 2014, Yonex-Sunrise India Open 2014, 2014 Intersport European Championships, menjadi finalis Maybank Malaysia Open 2014, dan menjadi semifinalis di BWF Wordl Championships 2014.

Men’s Singles More
Rank Country Player Member ID Points Tournaments Confederation Country
1
MAS MASLEE Chong Wei Profile 50152 97131 11 Asia Malaysia
2
CHN CHNCHEN Long Profile 75787 80561 10 Asia China
3
DEN DENJan O JORGENSEN Profile 54431 69623 15 Europe Denmark
4
INA INATommy SUGIARTO Profile 14587 64933 13 Asia Indonesia
5
JPN JPNKenichi TAGO Profile 63707 60734 11 Asia Japan
6
1 KOR KORSON Wan Ho Profile 54346 59852 18 Asia Korea
7
7 CHN CHNLIN Dan Profile 50906 57760 8 Asia China
8
TPE TPECHOU Tien Chen Profile 34810 57433 20 Asia Chinese Taipei
9
3 CHN CHNWANG Zhengming Profile 23736 55990 13 Asia China
10
6 IND INDK. Srikanth Profile 93627 53987 16 Asia India
Women’s Singles More
Rank Country Player Member ID Points Tournaments Confederation Country
1
CHN CHNLI Xuerui Profile 64643 98444 12 Asia China
2
CHN CHNWANG Shixian Profile 83064 85337 15 Asia China
3
CHN CHNWANG Yihan Profile 53938 78761 14 Asia China
4
1 IND INDSaina NEHWAL Profile 52748 69431 15 Asia India
5
1 KOR KORSUNG Ji Hyun Profile 76594 66824 18 Asia Korea
6
THA THARatchanok INTANON Profile 35642 62692 14 Asia Thailand
7
1 KOR KORBAE Yeon Ju Profile 22455 62363 17 Asia Korea
8
1 ESP ESPCarolina MARIN Profile 18228 60998 17 Europe Spain
9
TPE TPETAI Tzu Ying Profile 61427 58078 17 Asia Chinese Taipei
10
IND INDP. V. Sindhu Profile 73173 57405 15 Asia India
Men’s Doubles More
Rank Country Player Member ID Points Tournaments Confederation Country
1
KOR

KOR

KORLEE Yong Dae

KORYOO Yeon Seong

Profile

Profile

52774

52273

88388 11 Asia Korea
2
DEN

DEN

DENMathias BOE

DENCarsten MOGENSEN

Profile

Profile

50292

51304

74779 14 Europe Denmark
3
INA

INA

INAHendra SETIAWAN

INAMohammad AHSAN

Profile

Profile

51074

52749

72470 10 Asia Indonesia
4
JPN

JPN

JPNHiroyuki ENDO

JPNKenichi HAYAKAWA

Profile

Profile

54026

54527

68332 15 Asia Japan
5
TPE

TPE

TPELEE Sheng Mu

TPETSAI Chia Hsin

Profile

Profile

52931

13189

66808 17 Asia Chinese Taipei
6
1 KOR

KOR

KORKO Sung Hyun

KORSHIN Baek Choel

Profile

Profile

88094

54785

62850 13 Asia Korea
7
2 CHN

CHN

CHNCHAI Biao

CHNHONG Wei

Profile

Profile

96784

69809

62334 12 Asia China
8
2 KOR

KOR

KORGi Jung KIM

KORKIM Sa Rang

Profile

Profile

39276

84007

59051 10 Asia Korea
9
1 CHN

CHN

CHNLIU Xiaolong

CHNQIU Zihan

Profile

Profile

11777

47277

57443 13 Asia China
10
INA

INA

INAGideon Markus FERNALDI

INAMarkis KIDO

Profile

Profile

26394

50420

56480 14 Asia Indonesia
Women’s Doubles More
Rank Country Player Member ID Points Tournaments Confederation Country
1
JPN

JPN

JPNMisaki MATSUTOMO

JPNAyaka TAKAHASHI

Profile

Profile

43851

16981

78795 16 Asia Japan
2
CHN

CHN

CHNBAO Yixin

CHNTANG Jinhua

Profile

Profile

80939

39056

76800 13 Asia China
3
1 CHN

CHN

CHNTIAN Qing

CHNZHAO Yunlei

Profile

Profile

52066

54522

73682 9 Asia China
4
1 DEN

DEN

DENKamilla RYTTER JUHL

DENChristinna PEDERSEN

Profile

Profile

51436

53759

73240 17 Europe Denmark
5
CHN

CHN

CHNWANG Xiaoli

CHNYU Yang (F)

Profile

Profile

14393

51667

71090 8 Asia China
6
JPN

JPN

JPNReika KAKIIWA

JPNMiyuki MAEDA

Profile

Profile

70308

53150

67083 16 Asia Japan
7
CHN

CHN

CHNLUO Ying

CHNLUO Yu

Profile

Profile

61851

20296

66310 14 Asia China
8
KOR

KOR

KORCHANG Ye Na

KORKIM So Yeong

Profile

Profile

54361

55874

60646 17 Asia Korea
9
KOR

KOR

KORJUNG Kyung Eun

KORKIM Ha Na

Profile

Profile

16745

73982

58278 12 Asia Korea
10
INA

INA

INANitya Krishinda MAHESWARI

INAGreysia POLII

Profile

Profile

54272

14729

56127 11 Asia Indonesia
Mixed Doubles More
Rank Country Player Member ID Points Tournaments Confederation Country
1
CHN

CHN

CHNZHANG Nan

CHNZHAO Yunlei

Profile

Profile

35357

54522

86690 11 Asia China
2
CHN

CHN

CHNXU Chen

CHNMA Jin

Profile

Profile

51620

95281

82260 11 Asia China
3
DEN

DEN

DENJoachim FISCHER NIELSEN

DENChristinna PEDERSEN

Profile

Profile

10513

53759

74490 11 Europe Denmark
4
INA

INA

INATontowi AHMAD

INALiliyana NATSIR

Profile

Profile

54267

14727

70940 9 Asia Indonesia
5
ENG

ENG

ENGChris ADCOCK

ENGGabrielle ADCOCK

Profile

Profile

70333

62844

63180 15 Europe England
6
KOR

KOR

KORKO Sung Hyun

KORKIM Ha Na

Profile

Profile

88094

73982

59940 13 Asia Korea
7
CHN

CHN

CHNKai LU

CHNYAQIONG Huang

Profile

Profile

28549

63168

58630 15 Asia China
8
CHN

CHN

CHNLIU Cheng

CHNBAO Yixin

Profile

Profile

95396

80939

57550 11 Asia China
9
THA

THA

THASudket PRAPAKAMOL

THASaralee THOUNGTHONGKAM

Profile

Profile

10650

7065

53060 16 Asia Thailand
10
GER

GER

GERMichael FUCHS

GERBirgit MICHELS

Profile

Profile

51263

50851

51470 13 Europe Germany

Berikut ini merupakan daftar lengkap rangking BWF pemain bulu tangkis dunia per 20 November 2014, klik disini.

PERINGKAT DUNIA NEGARA ANGGOTA BWF

Berikut ini merupakan peringkat dunia negara anggota BWF per tanggal 16 Oktober 2014 berdasarkan situs http://www.bwfbadminton.org/page.aspx?id=18740. Berdasarkan peringkat yang dikeluarkan BWF, Indonesia harus turun satu tingkat ke posisi enam dunia dengan total nilai poin 10350. Peringkat lima besar sendiri diduduki oleh China, Korea, Jepang, Denmark, dan Thailand. China sebagai negara no.1 dunia dengan poin 16200, disusul dengan Korea di peringkat kedua dengan poin 12800, Jepang diperingkat ketiga dengan poin 11900. Denmark merupakan negara eropa dengan peringkat tertinggi dalam ajang bulu tangkis. Untuk peringkat selengkapnya dapat dilihat pada tabel peringkat dibawah ini.

Rank Country Player MS WS MD WD XD SC TC UC Total points
1
CHN CHN China 1500 1500 1200 1500 1500 5000 1500 2500 16200
2
KOR KOR Korea 1200 1200 1500 1200 1200 4000 1000 1500 12800
3
JPN JPN Japan 1200 1000 1200 1500 500 2000 2500 2000 11900
4
DEN DEN Denmark 1500 750 1500 1500 1500 3000 1000 1000 11750
5
THA THA Thailand 1000 1200 1000 1000 1200 3000 1000 1000 10400
6
INA INA Indonesia 1200 750 1500 1200 1200 2000 1500 1000 10350
7
MAS MAS Malaysia 1500 750 1200 1000 500 1500 2000 750 9200
8
TPE TPE Chinese Taipei 1000 1200 1200 1000 500 2000 750 750 8400
9
GER GER Germany 750 750 1000 500 1200 2000 500 500 7200
9
IND IND India 750 1200 500 500 500 1500 750 1500 7200
9
SIN SIN Singapore 750 750 500 1000 1200 1500 750 750 7200
12
HKG HKG Hong Kong 1200 750 500 500 1000 1500 750 750 6950
13
ENG ENG England 750 500 1000 500 1200 0 500 1000 5450
14
RUS RUS Russia 750 750 500 500 500 1200 500 500 5200
15
FRA FRA France 750 750 500 250 250 1175 1000 0 4675
16
NED NED Netherlands 750 500 500 1000 500 1225 0 0 4475
17
SCO SCO Scotland 500 1000 250 250 1000 1250 0 0 4250
18
USA USA U.S.A. 500 1000 500 500 500 1100 0 0 4100
19
CAN CAN Canada 250 1000 250 500 250 1125 0 500 3875
20
AUS AUS Australia 100 500 500 500 250 975 0 500 3325
21
SWE SWE Sweden 750 500 125 125 500 1150 0 0 3150
22
VIE VIE Vietnam 750 500 125 125 125 1050 0 0 2675
23
UKR UKR Ukraine 500 500 125 250 250 1025 0 0 2650
24
AUT AUT Austria 500 500 50 125 250 1075 0 0 2500
25
SUI SUI Switzerland 100 750 250 250 125 950 0 0 2425

Untuk daftar peringkat selengkapnya dapat klik disini.

About these ads
Comments
  1. jandarra says:

    kurang lengkap. kalo bisa tambahkan peraturan permainannya: tunggal, ganda dsb dengan sistem penilaian yang berbeda-beda itu. thnks

  2. hahahhahahahahahahhahahahaha
    by hintalo hidayat

  3. Sinar ajha says:

    Horeeeeee??? kmu bisa main batminton???”eh tapi aku juga bisa ko’ bkn kmu aja ya”yok kita bertanding di dekat lapangan “

  4. ansav says:

    jadi inget waktu SMP dulu, aku disuruh ngitung berapa luas lapangan badminton di sekolah pake mistar 30 cm gara-gara gak ada jawabnya gak ada yang bener.

  5. […] Permainan Bulu Tangkis merupakan permainan yang menggunakan sebuah raket dan shuttlecocks yang dipukul melewati net. Permainan bulu tangkis dapat dimainkan oleh putra dan putri, dengan bentuk permainan: tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Setiap partai terdiri dari 3 set tetapi bila pemain menang dua set langsung, maka set yang ketiga tidak dilanjutkan. […]

  6. mantap artikelnya,,,referensi buat yang mau tau seluk beluk bulu tangkis,,,
    numpang iklan gan,, buat temen-temen yang mau cari peralatan olahraga bulu tangkis ato olahraga lainnya, buka aja web kami di “www.walakirisport.com”
    dijamin nggak nyesel karena barang-barangnya berkualitas, pelayanan memuaskan dan harga terjangkau,,,

    “walakiri sport” teman berolahraga anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s