MASALAH & SUMBERNYA

Posted: April 30, 2009 in News n Funs

Masalah merupakan hal yang tak dapat dipungkiri dalam kehidupan manusia. Sumber dari masalah ini biasanya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:
1. dasar ketidaktahuan
2. ketidakmengertian
3. diri sendiri
Poin ketiga inilah yang biasanya terjadi dalam kehidupan manusia. sedangkan sumber masalah yang berasal dari diri sendiri itu dibagi kembali menjadi empat tingkatan, yaitu:
1. Bodoh
Manusia dikatakan bodoh apabila mereka mengetahui apa yang benar dan yang salah, tetapi mereka masih melakukan hal-hal yang salah. contoh yang paling sering terjadi di kehidupan masyarakat kita adalah mengenai perilaku merokok. kebanyakan mereka yang merokok pastinya tahu mengenai akibat dari rokok karena iklan atau pengetahuan mengenai bahaya rokok itu sudah banyak dan tersebar luas, bahkan produsen rokok pun sudah memperingatkannya pada bungkus rokok merk produsen tersebut. Namun, hal ini tidak menyebabkan mereka yang merokok, menghentikan tindakan mereka yang dapat menjadi masalah di kemudian hari. padahal, rokok terkandung 4000 racun yang dapat mengganggu tubuh.
2. Tolol
tingkat kedua ini berada selevel diatas bodoh. orang dikatakan bodoh apabila ia sudah mengetahui apa yang benar dan yang salah namun tetap melakukan hal yang salah dan tidak berusaha mengimbangi perilakunya dengan tindakan baik. contohnya dapat balik kepada perokok. mereka yang merokok dikatakan tolol jika mereka tidak melakukan asupan gizi yang dapat menetralisir setidaknya racun yang ada dengan banyak mengkonsumsi sayuran, susu, dan semacamnya serta berolahraga yang cukup.
3. Dablek
Dablek merupakan tingkatan diatas tolol. Dablek berarti orang bebal, sulit untuk dibilang dan dinasehati, sulit untuk diperintah. orang dablek biasanya akan menimbulkan masalah ke lingkungan. hal ini bisa mengakibatkan orang dablek ditinggalkan oleh teman-teman lamanya dan tidak memiliki teman baru. hal ini dapat menyebabkan dia stress dan melakukan tindakan bunuh diri
4. Tidak punya otak
tidak punya otak merupakan tingkat paling parah dari manusia. yang termasuk kedalam golongan tak punya otak ini adalah orang-orang yang mengulang kesalahan yang sama dan tak mau mengubah hal tersebut. hal yang menyebabkannya adalah tak adanya respect akan diri sendiri dan ke lingkungan sekitarnya dan tidak adanya kejujuran dari hatinya untuk berubah.

Sumber: The Interview, Metro TV, Selasa, 29 April 2009

Refleksi:
kamu berada pada tingat apa???apa sumber masalah yang terjadi di kehidupanmu berasal dari diri sendiri???apa tingkatanmu???bodoh, tolol, dablek atau tidak punya otak???
untuk mengatasi tingkatan-tingkatan tersebut, yang perlu dilakukan hanyalah melakukan kejujuran dari hatinya dan respect akan dirinya dan respect ke lingkungan. contohnya adalah bagi para perokok, ingat akan penyakit yang nantinya cepat-lambat akan menjangkiti saudara dan sumber masalahnya adalah dari diri saudara. untuk itu, masih belum ada kata terlambat untuk berhenti merokok. tidak perlu langsung berhenti merokok total, tapi setidaknya mulai mengurangi kadar dan kuantitas dari merokoknya dan bertekad sungguh-sungguh untuk berhenti merokok. ingatlah bahwa kita adalah makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki akal pikiran sehat, kecerdasan untuk membedakan mana yang baik dan yang buruk. jadi bila kita mengetahui bahwa merokok itu kebiasaan buruk, untuk apa tetap dilakukan??? Menurut agama kristiani, ingatlah bahwa tubuh kita merupakan bait Allah yang kudus dan Allah memerintahkan untuk mempersembahkan tubuh kita sebagai persembahan yang hidup, tidak cacat, yang berkenan kepada-Nya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s