UPS (UNIT PENGOLAH SAMPAH)

Posted: May 30, 2009 in Other Knowledgement
Tags: ,

UPS merupakan program penanganan sampah yang dilakukan oleh pemda kota depok dan telah dan sedang dilakukan di beberapa kelurahan di kota depok. Menurut saya untuk saat ini, UPS merupakan solusi yang cukup baik. Berikut ini merupakan penjelasan sekilas mengenai UPS dari sumber yang saya dapatkan.
UPS (Unit Pengolah Sampah) merupakan unit terkecil dalam pengolahan sampah suatu daerah. UPS hanya dapat mengolah sampah dengan kapasitas tidak terlalu besar. Dalam pembuatan UPS diperlukan pemilahan sampah di sumber terlebih dahulu untuk memudahkan pengerjaan pengolahan sampah pada tahap selanjutnya. UPS dapat mengolah sampah organik untuk dijadikan kompos. Sebagai contoh siklus pembuatan kompos seperti pada daerah sragen. Langkah-langkahnya adalah:
1. Pengangkutan sampah ke UPS
2. Sampah dicacah dan diperas, lalu ditampung didalam sebuah bak fermentasi
3. Promi dicampur dengan tanah halus dan pasir halus, dengan komposisi 1 kg promi dicampur dengan 9 kg tanah halus atau pasir halus.
4. Lalu setiap ketebalan 30 cm timbunan sampah di bak sampah di taburi promi, yaitu mikroba yang digunakan untuk mempercepat proses fermentasi. Setiap 1 ton sampah membutuhkan 1 kg promi.
5. Setelah penaburan promi, tinggal menunggu selama 14 hari untuk panen.
6. Sebelum dijual ke konsumen, pupuk organik ini dijemur. Selanjunya dilakukan proses penghalusan dan pengemasan. Maka siaplah pupuk organik ini dijual ke pasaran.
Sementara itu, air lindi merupakan cairan yang dihasilkan selama proses pengepresan sampah sebelum dimasukkan ke dalam bak fermentasi. Air lindi ini mempunyai nutrisi yang lengkap dalam jumlah cukup tinggi, sehingga sangat baik digunakan sebagai pupuk cair.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s