KONDISI SOSIAL MASYARAKAT MIANGAS

Posted: June 25, 2009 in PROMOTE MIANGAS-K2N

Di wilayah Miangas terdapat 1 TK dengan 1 guru dan 40 murid dari total 84 TK dengan 203 guru dan 2250 murid yang berada di Kabupaten Kepulauan Talaud berdasarkan Dinas Pendidikan Kabupaten Talaud 2004-2007. 40 murid ini terdiri dari 15 laki-laki dan 25 perempuan. TK yang ada di Miangas tidak memiliki ruang kelas. Untuk SD, terdapat 1 buah di Miangas terdiri dari 6 ruangan dengan total 8 kelas dengan masing-masing 4 kelas dalam kondisi baik dan buruk dan terdapat 10 guru. Jumlah murid SD Miangas adalah 87.

Untuk SMP, terdapat 1buah di Miangas dengan 9 guru dan 45 murid terdiri dari 20 murid laki-laki dan 25 murid perempuan. Total murid SMP Kabupaten Kepulauan Talaud adalah 4410 terdiri dari 2134 perempuan dan 2276 laki-laki. SMA di Miangas terdapat 1buah dengan 37 murid dan 9 guru dari total 310 SMA dan 252 guru dan 3101 murid yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Di Miangas terdapat 1buah puskesmas umum dan 1buah puskesmas pembantu serta 1buah puskesmas keliling laut berdasarkan DiKes Kabupaten Kepulauan Talaud. Puskesmas yang ada terdiri dari satu orang dokter dan dua orang perawat. Di Miangas, tidak ada posyandu, pedagang farmasi, apotik, dan toko obat. Kondisi kesehatan masyarakat Miangas tergolong baik karena tidak ada penduduk yang terpapar penyakit TBC, Sipilis, Gonorhea, Kusta, Tipus, Tetanus, atau penyakit lainnya berdasarkan data DiKes 2004-2007 sehingga tidak ada masyarkat di Miangas yang diimunisasi. Di Miangas juga tidak ada bayi gizi buruk. Pada wilayah Miangas terdapat 1buah klinik KB dan memiliki satu orang tenaga medis dan satu orang tenaga paramedis. Terdapat 85 akseptor KB dan 21 non akseptor KB. Alat KB yang digunakan adalah IUD 25, Pil 16, Kondom 8, IMPL 20, Injek 15, dan MO 1.

Agama yang dianut oleh penduduk Miangas adalah 778 orang menganut protestan dan 2 orang menganut katholik dengan total 780 orang berdasarkan data Departemen Agama Kabupaten Kepulauan Talaud 2004-2007. Di Miangas terdapat 1buah gereja. Dari data yang ada, tidak ada perceraian yang terjadi di Miangas. Di Miangas terdapat penyandang cacat satu orang anak-anak dan tiga orang dewasa berdasarkan DiSos Kabupaten Kepulauan Talaud 2006-2007. Berdasarkan data yang juga dikeluarkan DiSos, terdapat satu buah karang taruna dan satu organisasi sosial desa.

Fasilitas yang ada meliputi :
-> Kantor kecamatan khusus Miangas.
-> Gereja yang cukup besar dan luas (dalam tahap penyelesaian akhir, tapi telah berfungsi sebagai rumah ibadah).
-> Kantor desa (kondisi rusak/tidak berfungsi/ditempati), sementara pelayanan administrasi desa dilaksanakan di rumah tinggal -> Kepala Desa Pasar desa (baru dibangun setahun yang lalu, tapi belum berfungsi).
-> PLN dengan tenaga diesel.
-> BTS telkomsel yang hanya terbatas 7 (tujuh sambungan).
-> Gudang Beras yang cukup besar yang disertai rumah pengelola gudang (sudah setahun dibangun, namun belum dimanfaatkan).
-> Ruang/Balai tunggu penumpang (masih dalam tahap pembangunan).
-> Lapangan olah raga (lapangan Voli dan lapangan Bola).
-> Lapangan udara, masih dalam wacana/nego harga ganti untung tanah warga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s