NARKOTIKA SINTETIS DAN SEMI SINTETIS

Posted: July 5, 2009 in SAY NO TO DRUGS
Tags:

Pertama yang akan dibahas adalah narkotika semi sintetis. Narkotika berikut ini merupakan bahan sintetis yang lebih penting yang dihasilkan dengan modifikasi zat kimia yang terdapat pada opium.

HEROIN
Pertama-tama disintesa dari morfin dalam tahun 1874. Heroin tidak digunakan secara luas dalam obat-obatan hingga awal abad ini. Perusahaan Bayer di Jerman pertama-tama memulai produksi komersial dari obat penawar rasa sakit. Pengaturan heroin pertama secara menyeluruh di USA dilaksanakan dengan Harrison Narcotic Act, tahun 1914. Heroin murni adalah serbuk putih dengan rasa pahit. Heroin terlarang  dapat berbeda warna, dari ptuih hingga cokelat tua disebabkan kotoran-kotoran yang tertinggal dari proses pembuatan atau hadirnya zat-zat tambahan seperti pewarna makanan, cacao atau gula merah.

HIDROMORFON
Sangat lazim dikenal sebagai Dilaudid, Hidromorfon merupakan narkotik analgesik semi sintetis tertua yang kedua. Dijual di pasaran dalam bentuk tablet atau betuk suntikan. Hidromorfon bekerja lebih pendek dan lebih tenang ketimbang morfin, tetapi kekuatannya adalah sebesar dua hingga delapan kali. Oleh karena itu merupakan obt yang sangat disalahgunakan, dicari banyak sekali oleh pecandu-pecandu narkotika. Tablet-tablet lebih kuat ketimbang bentuk-bentuk cair dapat dilarutkan dan disuntik.

OKSICODON
Oksicodon adlaah sintesa dari Thebain. Oksicodon adalah sejenis codein, tetapi lebih kuat dan dengan kekuatan ketagihan lebih tinggi. Mujarab secara oral dan dipasarkan bersama-sama dengan obat lain sperti percodan untuk penawar rasa sakit. Pecandu minum percodan atau melarutkannya dengan air, menyaring zat yang tak terlarut dan memperoleh obat bius yang aktif.

ETORFIN DAN DIPRENORFIN
Dua dari persenyawaan Bentley. Bahan-bahan ini terbuat dari Thebain. Kekuatan etorfin lebih dari seribu kali morfin dalam segi nalgesik, ketenangan dan penurunan pernafasan. Untuk keperluan manusia, kekuatannya merupakan hal yang jelas tak menguntungkan disebabkan bahaya overdosis. Etofin Hidrochlorid digunakan oleh dokter hewan dengan maksud membuat binatang besar dan buas, tenang. Diprenorfin Hidrochlorid bekerja sebagai lawan, menghlangkan daya kekuatan etorfin.

Narkotika sintetis yang paling banyak tersebar luas adalah Meperidin dan Methodon.
MEPERIDIN
Narkotika sintetis pertama yang dikasihkan mula-mula satu generasi yang lalu. Meperidin secara kimia tidak sama dengan morfin, tetapi menyerupai dalam kekuatan analgesik. Meperidin mungkin merupakan yang digunakan secara luas untuk meringankan rasa sakit yang sedang dan sangat parah. Diberikan melalui mulut atau injeksi, cara terakhir yang paling banyak disalahgunakan. Toleransi dan ketagihan tumbuh dengan penggunaan kronis, dan dosis besar dapat mengakibatkan kejang.

METHODON
Kendati secara kimia berbeda dari morfin atau heroin, methodon menghasilkan banyak pengaruh yang sama. Diperkenalkan di USA dalam tahun 1947 sebagai analgesik dan disebarluaskan dengan nama Amidon, Dolofin, dan Methodon, maka obat tersebut digunakan secara luas dalam tahun 1960an, dalam penangnanan pecandu-pecandu narkotika.Pengaruh methodon dari obat-obatan berdasarkan morfin dalam hal bahwa mereka memiliki masa pengatuh yang lebih lama, hingga 24 jam. Dengan hanya menggunakan heroin sekali sehari untuk menghilangkan racun dan program perawatan. Lebih-lebih methodon hampir mujarab nya bila diberikan secara oral seperti halnya suntikan. Tetapi toleransi dan ketagihan dapat berkembang, dan tanda-tanda pencabutan penarikan, kendati tumbuh lebih lamban dan kurang berat, berlangsung lebih lama. Secara ironis, methodon yang dimaksudkan untuk menguasai kecanduan narkotika, telah timbul di beberapa daerah metropolitan sebagai penyebab utama dari kematian over dosis.

Comments
  1. lina fADILLAH says:

    bagus!!!
    cuma perlu lbih di rinci lagi
    n singkat

  2. andy says:

    bedanya arti semi sintetis dengan sintesis apa??

    • jefrihutagalung says:

      Adapun narkotika semi sintesis adalah bahannya terbuat dari alkaloid opium dan diproses secara kimiawi untuk dijadikan bahan obat yang berkasiat narkotika. Contohnya adalah heroin. Narkotika sintesis adalah narkotika yang diperoleh melalui proses kimia dengan menggunakan bahan baku kimia sehingga memperoleh hasil baru yang mempunyai efek narkotika. Contohnya antara lain adalah Methadon. Semoga dapat menjawab. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s