KOPERASI

Posted: July 8, 2009 in Other Knowledgement

Koperasi merupakan suatu bentuk badan usaha yang bertujuan untuk menyejahterakan para anggotanya. Segala kegiatan operasi yang dilakukannya tidak berorientasi untuk keuntungan koperasi semata tetapi juga untuk kesejahteraan anggota. Seperti badan usaha lainnya, koperasi membutuhkan modal dalam melaksanakan segala kegiatannya. Tanpa modal tersebut, suatu koperasi tidak akan bisa berdiri karena modal merupakan salah satu syarat pendirian, dan tentu tidak akan bisa beroperasi. Oleh karena itu, penting bagi koperasi untuk mencari sumber-sumber bagi permodalannya agar ia bisa berdiri dan bisa konsisten dalam melakukan kegiatan usahanya.
Kelangsungan usaha koperasi merupakan hal yang krusial mengingat koperasi memiliki stakeholder yang tidak sedikit yaitu para anggota, pemerintah, dan juga pemberi pinjaman. Maka dari itu, koperasi harus bisa mempertahankan kelangsungan usahanya dengan mengatur kondisi finansial dan mengelola keuangannya. Dengan melakukan perencanaan manajemen keuangan yang serius dan kemudian melakukan evaluasi terhadap kinerja keuangan yang terlihat dari informasi finansial tersebut akan membantu koperasi dalam mempertahankan dan kemudian meningkatkan kondisi finansial dari koperasi. Hal tersebut akan meningkatkan kemampuan usaha dari koperasi dan pada akhirnya koperasi akan dapat meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.
Dewasa ini, krisis ekonomi terjadi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa pada awalnya, krisis ini terjadi sebagai akibat hancurnya lembaga-lembaga keuangan ternama di dunia, yang memberikan efek dominonya di seluruh sektor perekonomian. Salah satu dampak yang dirasakan adalah bank ataupun lembaga keuangan lain, sulit untuk mempercayai customer-nya karena adanya kekhawatiran kegagalan bayar.
Sebenarnya apa yang dialami Indonesia saat ini, masih jauh lebih baik jika dibandingkan dengan krisis ekonomi yang menimpa Indonesia di tahun 1998. Saat itu terjadi inflasi yang luar biasa, sehingga harga dollar yang sangat tinggi. Di dunia modern ini, globalisasi terjadi di seluruh aspek kehidupan. Termasuk salah satunya adalah ekonomi. Apa yang terjadi di suatu negara, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi keadaan ekonomi di negara lain. Hal-hal seperti inilah yang sebenarnya dapat merugikan negara-negara berkembang. Oleh karena itu, Indonesia, sebagai salah satu negara berkembang di dunia, harus mampu membentuk sistem perekonomian yang kokoh dan mandiri. Dan salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menciptkan ekonomi berbasis koperasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s