WISATA BAHARI DI PULAU MIANGAS

Posted: August 28, 2009 in PROMOTE MIANGAS-K2N

Miangas merupakan pulau terluar paling utara Indonesia yang berbatasan dengan Filipina. Walaupun sebagai pulau terluar, sebenarnya miangas memiliki potensi wisata yang sangat baik bila dikembangkan karena alam miangas masih asri dan indah. Karena miangas merupakan suatu pulau, miangas memiliki banyak pantai dan ada beberapa tanjung. Berikut ini merupakan nama-nama pantai dan tanjung yang berada di Miangas yang dapat dijadikan sebagai objek wisata bahari.
1. Pantai Racuna
Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang halus. Arti kata Pantai Racuna adalah pantai pertama kali kita bertemu. Maksudnya adalah pantai yang pertama kali kita jumpai ketika keluar dari Pulau Miangas. Pantai Racuna terletak di depan tugu NKRI. Batas barat Pantai Racuna adalah Pantai Kubur dan batas timurnya adalah Pantai Poro. Pantai Racuna terletak paling dekat dengan perkampungan sehingga sering digunakan untuk berenang oleh penduduk sekitar.
2. Pantai Kubbu
Pantai ini berjarak sekitar 500 m dari Pantai Racuna. Di sekitar pantai ini terdapat banyak kuburan sehingga diberi nama Pantai Kubbu.
3. Pantai Lawasa
Pantai pinggir atau tepi ini berjarak sekitar 500 m dari Pantai Kubbu.
4. Tanjung Langinatundu
Pantai yang memiliki tanjung ini berjarak sekitar 200 m dari Pantai Lawasa.
5. Pantai Aba’a
Pantai ini berjarak sekitar 200 m dari Pantai Langinatundu.
6. Pantai Mariu
Pantai yang berjarak sekitar 150 m dari Pantai Aba’a ini terletak dekat dengan Kebun Mariu, setelah tanjung. Di dekat pantai ini juga terdapat batu bersejarah yang bernama Batu Opa Murra.
7. Pantai Liwua
Pantai yang berjarak sekitar 300 m dari Pantai Mariu ini digunakan sebagai tempat diselenggarakannya Upacara Manammi untuk kelompok A dan B. Di pantai ini terdapat wilayah yang menyerupai lingkaran sebagai batas untuk menampung ikan.
8. Pantai Ropapa
Pantai ini berjarak sekitar 300 m dari Pantai Liwua.
9. Pantai Laru
Pantai yang berjarak sekitar 200 m dari Pantai Ropapa ini termasuk daerah tempat diselenggarakannya Upacara Manammi untuk kelompok C dan D, yang terletak agak menjorok ke dalam (dolong).
10. Tanjung Wolo
Pantai ini berjarak sekitar 100 m dari Pantai Laru. Terdapat goa di dekat pantai ini. Jika goa terlihat, berarti air laut sedang surut dan merupakan waktu yang tepat untuk mencari ikan. Wolo merupakan salah satu tempat yang dijadikan sebagai tempat dalam upacara adat Manammi yang biasa dilakukan setiap bulan mei selain di Pantai Liwua. Wolo merupakan daerah yang begitu indah untuk dilihat karena memiliki pasir putih, pantai dengan air laut yang jernih, dan pemandangan bawah laut yang indah.
11. Tanjung Ondene
Pantai yang berjarak sekitar 150 m dari Tanjung Wolo ini memiliki bukit dan batu-batu besar yang menawan.
12.  Pantai  Peret
Pantai yang berjarak sekitar 25 m dari Tanjung Ondene ini terletak dekat   dengan kebun kelapa Peret.
13.  Tanjung Wuidi’polli
Pantai yang berjarak sekitar 500 m dari Pantai Peret ini terletak dekat dengan kebun kelapa Wuidi’polli.
14.  Tanjung Langana
Pantai yang berjarak sekitar 500 m dari Pantai Wuidi’polli ini memiliki batu-batu besar dan pemandangan laut lepas yang sangat indah.
15.  Pantai Merra
Pantai ini berjarak sekitar 200 m dari Tanjung Langana. Kata ‘Merra’ menandakan keberanian. Pantai ini sering dijadikan sebagai tempat piknik oleh warga baik para pemuda maupun anak-anak sekolah.
16.  Tanjung Panci
Pantai ini berjarak sekitar 500 m dari Pantai Merra. Di wilayah tanjung ini, terdapat banyak batu sebagai tempat untuk mengail dan memancing ikan. Di pantai ini warga setempat sering memancing dan membakar ikan.
17.  Pantai Larawa
Di dekat pantai yang berjarak sekitar 700 m dari Tanjung Panci  ini terdapat Tugu Batu Terapung. Batu ini memiliki berat sebesar 26,5 kg. Menurut kepercayaan masyarakat Pulau Miangas, Batu Terapung membawa pertanda tersendiri. Dengan bobot yang cukup berat, batu tersebut ditemukan mengapung di laut pada 5 Juli 2008. Masyarakat Pulau Miangas meyakini bahwa jika batu tersebut terapung, berarti akan datang berita baik atau berita buruk tertentu.
18.  Pantai Lobo
Pantai ini terletak di dermaga dan menandakan wilayah laut yang dalam.
19.  Pantai Maritange
Pantai ini juga terletak dekat dengan dermaga dan nelayan sering  memancing di pantai ini. Pantai Maritange merupakan daerah yang berada paling ujung dari pulau Miangas, dekat dengan Tanjung Wora
20.  Pantai Porro
Pantai ini merupakan pantai pertemuan kembali dengan Pantai Racuna. Di pantai ini juga nelayan sering memancing.
21. Tanjung Wora
Merupakan daratan dengan luas kecil terpisah dari pulau utama miangas. Tanjung wora memiliki beberapa daerah yang cantik untuk dikunjungi seperti pemandangan dari daerah tebing dan batu tatempel.

Sumber: Tim Gatot Subroto – K2NUI09

Comments
  1. wisata bagus says:

    wah banyak sekali potensi obyek wisatanya, satu kali kunujungan bisa dapat banyak tempat menarik..
    mohon izin jg buat memuat artikel ini di ‘wisata bagus’ trimakasih sebelumnya..

  2. ahmad sulthoni says:

    mohon jelaskan kalau ke jakarta naik pesawat ke mana dulu bisa ke miangas?

  3. Irak says:

    Irak

    Przyjaciół nie poznajmy w biedzie, tylko po tym jak znoszą nasz wymarzony sukces. cyt. Paulo Coelho. Na zlecenie ITI ProSystems… czytał M. Skrobosz… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s