TUGU di Miangas, NKRI

Posted: September 30, 2009 in GAMBAR MIANGAS

Berikut ini merupakan gambar-gambar Tugu NKRI yang berada di Miangas. Tugu NKRI sangatlah penting karena dengan adanya tugu ini, apalagi adanya lambang garuda, menjadi bukti kedaulatan NKRI di Miangas. Tugu NKRI ada dua buah, yaitu Tugu NKRI lama dan Tugu NKRI yang baru.

Selain dari tugu NKRI, ada juga Tugu Santiago. Tugu ini barulah dibangun pada tahun ini, mulai dari bulan juli-agustus 2009.

Santiago merupakan pahlawan dari Miangas/Sulut. Ia memiliki sejarah bahwa tak akan mati bila kepala dan badannya tak dipisah. dan akhirnya, sewaktu dibunuh, belanda/bangsa penjajah dahulu memisahkan kepalanya dari tubuhnya.

Biaya pembangunan tugu ini berdasarkan info yang saya dapatkan adalah sekitar Rp 3M dengan dana bantuan dari Bank Dunia.

Foto-foto ini diambil oleh saya sendiri.

Comments
  1. joane says:

    aq mw nanya,,santiago yg asli miangas sama santiago yg makamnya d’paghuru kec.manganitu sama?? slnya aq udh pernah ke mkm santiago tpi yg d’kpung paghuru,,crta sini sama crita yg aq dgr dri petuah kmpung paghuru sama,santiago yg di paghuru jga tdk akan mati apabila kpla dan badanya tdk di pisah,jdi di paghuru cma makam kepala sedangkan badanya gk tw di mana,,
    aq jdi bingung,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s