DAMPAK FISIOLOGIS MEROKOK PART 1

Posted: October 25, 2009 in SAY NO TO DRUGS
Tags:

Dampak fisiologis dari merokok berupa dampak rokok terhadap fungsi kerja organ tubuh akibat kandungan 4000 bahan kimia dimana 40 diantaranya merusak dan menghancurkan sistem organ tubuh.
Dampak tersebut meliputi:

1. Dampak rokok terhadap rambut
Merokok menurunkan sistem kekebalan sehingga tubuh lebih mudah terserang penyakit-penyakit seperti lupus erimatosus yang dapat menyebabkan kerontokan rambut

2. Dampak rokok terhadap mata
Merokok dipercaya dapat menyebabkan gangguan pada mata. Para perokok mempunyai risiko 40% lebih tinggi terkena katarak yaitu buramnya lensa mata sehingga menghalangi masuknya cahaya bahkan dapat menyebabkan kebutaan

3. Dampak rokok terhadap pendengaran
Merokok akan menimbulkan flek pada pembuluh darah, sehingga aliran darah ke telinga dalam menurun. Dengan demikian, perokok dapat kehilangan pendengaran lebih awal dibanding bukan perokok, dan lebih mudah kehilangan pendengaran jika terjadi infeksi di telinga atau terpapar bunyi yang keras. Perokok juga tiga kali lebih mudah terkena infeksi telinga tengah dibanding bukan perokok. Infeksi ini dapat menimbulkan komplikasi seperti misalnya meningitis dan kelumpuhan pada otot wajah.

4. Dampak rokok terhadap sistem pernafasan
Fungsi paru kita adalah untuk bernafas, yaitu dengan memasukkan udara bersih dan mengeluarkan udara kotor dari dalam tubuh. Bahan kimia yang dihisap dari asap rokok merangsang permukaan sel saluran pernafasan sehingga mengakibatkan keluarnya lendir atau dahak. Mirip dengan rangsangan debu, virus, atau bakteri pada saat kita flu. Bedanya adalah bahwa dahak yang ditimbulkan karena virus flu akan disorong keluar oleh bulu getar sepanjang saluran nafas dengan menstimulasi reflek batuk. Pada perokok, bulu getar tersebut sebagian besar dilumpuhkan oleh asap rokok sehingga lendir di saluran nafas tidak dapat keluar sepenuhnya. Lendir yang lama tertahan di saluran nafas, dapat menjadi ajang berkembangnya bakteri yang akan menyebabkan bronhkitis kronis. Rokok memang telah terbukti mengakibatkan 75% kematian akibat bronkhitis.
Partiker tar dalam asap rokok akan mengendap dalam lendir yang berada cukup waktu lama di saluran pernafasan. Rangsangan kronis dari tar terhadap dinding saluran pernafasan tersebut akan mengubah bentuk sel paru (dimulai dengan pra-kanker, yang akhirnya menjadi kanker paru-paru). Kebiasaan merokok memang mengakibatkan terjadinya 80-90% kanker paru. Seorang perokok mempunyai kemungkinan 4-14 kali lebih tinggi menderita kanker paru dibanding yang bukan perokok. Umumnya pasien datang sudah terlambat sehingga kanker diketahui telah stadium lanjut. Kanker paru merupakan kasus kanker nomor 2 di dunia. Padahal sebenarnya kanker paru termasuk golongan kanker yng bisa dicegah, yaitu dengan menghindarkan diri dari kebiasaan merokok.
Paru-paru kita terdiri dari kantong-kantong udara yang berfungsi memompa keluar-masuknya udara bersih dan udara kotor seperti balon karet. Daya pompa ini dimungkinkan karena adanya serat elastin pada jaringan paru (sama saeperti serat elastin yang terdapat di kulit). Asap rokok melumpuhkan serat elastin tubuh termasuk yang ada di paru-paru, sehingga udara yang masuk sulit untuk dikeluarkan sepenuhnya. Dengan demikian, ada udara yang masih tertinggal di katong udara. Semakin lama, desakan udara akan menyebabkan pecahnya kantong udara. Iniliah yang disebut dengan emfisema.

5. Dampak rokok terhadap gigi
Merokok mengganggu mulut karena adanya bahan-bahan kimia. Bahan-bahan kimia itu akan menimbulkan plak dan gigi kuning, sehingga berpotensi merusak gigi. Perokok berpeluang satu setengah kali lebih mudah kehilangan gigi dibanding bukan perokok.

Sumber: Panduan Promosi Perilaku Tidak Merokok, Departemen Kesehatan RI, 2009

Comments
  1. toko bunga says:

    seperti dampak buruk rokok ini hampir mengenai seluruh organ kita ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s