WISATA SEJARAH

Posted: November 26, 2009 in PROMOTE MIANGAS-K2N
Tags: , ,

Tanjung Wora
Di tanjung ini terdapat benteng pertahanan bersejarah. Benteng ini dibangun untuk menahan serangan dari suku bangsa Moro. Benteng ini tersusun dari batu-batu yang akan dilemparkan kepada musuh jika mereka menyerang.
Gunung, Menara, dan Meriam Keramat
Ketiga objek wisata ini berada di satu wilayah dan ketiganya diyakini keramat oleh warga Pulau Miangas. Pemandangan pantai, Laut Pasifik, Tanjung Wora, dan kebun kelapa terlihat sangat indah dari ketinggian di puncak Gunung Keramat dekat Menara. Adapun empat buah Meriam peninggalan bangsa Portugis terletak di dekat benteng batu pertahanan bersejarah warga Miangas masa lalu.
Goa Kamenangan
Meskipun banyak warga Pulau Miangas yang menjadi korban perang karena dibakar oleh Suku Moro dari Filipina di goa ini, goa ini dinamakan ‘Goa Kemenangan’ karena menandakan kemenangan warga Pulau Miangas yang dipimpin oleh Panglima Perang Opa Mura dalam mengusir Suku Moro dari Pulau Miangas.
Batu Opa Murra
Batu ini merupakan batu yang sangat besar tertancap sedalam 2 m di dalam tanah. Batu ini merupakan simbol perjuangan masyarakat Pulau Miangas melawan suku Moro dari Filipina. Batu ini dinamakan Batu Opa Mura sebagai penghormatan terhadap Panglima Perang Opa Mura yang telah berhasil mengalahkan suku Moro
Batu Terapung
Batu ini memiliki berat sebesar 26,5 kg. Menurut kepercayaan masyarakat Pulau Miangas, Batu Terapung membawa pertanda tersendiri. Dengan bobot yang cukup berat, batu tersebut ditemukan mengapung di laut pada 5 Juli 2008. Masyarakat Pulau Miangas meyakini bahwa jika batu tersebut terapung, berarti akan datang berita baik atau berita buruk tertentu.

 

Berikut ini merupakan gambar-gambar mengenai potensi wisata sejarah yang berada di pulau Miangas.

 

 

Foto ini diambil oleh saya dan luhur

 

Sumber: K2N UI09 – Tim GatSu

Advertisements
Comments
  1. Ricky.a7x says:

    Apakah ada kesamaan bhasa suku yg berada di sulawesi tenggara yait suku m0r0nene sama suku m0r0 di filipina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s