ASIAN GAMES 2010: INDONESIA NAIK PERINGKAT DIBANDING ASIAN GAMES SEBELUMNYA

Posted: November 28, 2010 in News n Funs
Tags: ,

Asian Games 2010 yang diselenggarakan di Guangzhou, China telah usai. Asian Games 2010 dilaksanakan mulai dari tanggal 12 November dan ditutup tanggal 27 November 2010.

Hasil yang cukup membanggakan untuk Asian Games 2o1o yang dicatatkan oleh para atlit Indonesia yang berangkat ke perhelatan terakbar olahraga se-Asia tersebut. Indonesia ‘finish’ diurutan kelima belas dengan 4 medali emas, 9 perak, dan 13 perunggu. Jauh dibanding dengan peringkat dan medali yang dikumpulkan oleh atlit Indonesia pada Asian Games 2006 yang diselenggarakan di Qatar yang hanya mengumpulkan 2 emas, 3 perak dan 15 perunggu dan hanya menempatkan Indonesia di urutan ke-22.

Gambar Peringkat Medali Asian Games 2010

(Sumber: http://www.gz2010.cn)

Indonesia meraih emas pada cabang yang menurut saya tidak diunggulkan karena sempat tidak diikutsertakan untk Asian Games 2010, yaitu perahu naga. Atlit perahu naga Indonesia bisa dibilang sangat bernyali dan menunjukkan taringnya di Asian Games 2010. Untuk kategori pria cabang perahu naga, Indonesia menyapu bersih medali emas yang ada yaitu pada kategori 1000m, 500m, dan 250m. Sedangkan untuk kategori wanita, Indonesia harus mengakui keunggulan tim tuan rumah, China, yang menyapu bersih medali emas untuk cabang olahraga tersebut. Indonesia harus puas dengan medali perak untuk ketiga kategori dari cabang perahu naga wanita.

Walaupun begitu, perlu diakui ketangguhan atlit Indonesia untuk cabang perahu naga patut diacungi jempol. Yang perlu dicatat adalah kinerja buruk yang diperlihatkan oleh atlit cabang bulutangkis Indonesia. Para atlit pelatnas kita kurang dapat menunjukkan taringnya di ajang bergengsi ini. Menurut Taufik Hidayat yang ditulis disalah satu koran berkata, “PBSI perlu melakukan pembenahan karena atlit yang masuk ke perempat final Asian Games kebanyakan adalah atlit-atlit di luar pelatnas”. Namun prestasi atlit bulutangkis Indonesia tidaklah terlalu mengecewakan, cabang bulutangkis menyumbangkan 1 emas dan 3 perunggu.

Menurut saya, KONI dan KOI perlu melakukan pembenahan untuk setiap cabang olahraga yang ada dan janganlah meremehkan cabang olahraga lainnya karena terbukti cabang olahraga yang tidak diunggulkan seperti perahu naga ternyata membuktikan kelasnya di dunia Internasional.

(sumber: http://www.berkahlangkah.com)

 

(sumber: http://www.antarfoto.com)

 

(sumber: kompas)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s