Sex, Lies & Cigarettes’: Vanguard Sneak Peek

Posted: August 17, 2012 in SAY NO TO DRUGS

Pada tahun 2011, Indonesia dan Dunia dikejutkan mengenai bocah yang merokok 40 batang per hari. Hal ini menelisik reporter Christof Putzel. Fakta mengenai Industri dan bisnis Rokok di Indonesia, Penetrasi Rokok dalam masyarakat Indonesia..
Dalam Konferensi Dunia untuk Tembakau 2010 Koresponden Christof Putzel pergi menyelinap dan melakukan pembicaraan dengan karyawan perusahaan tembakau. Ia juga melakukan wawancara dan investigasi langsung mengenai bocah perokok terkecil di Dunia serta memaparkan mengenai fakta-fakta cengkraman bisnis tembakau global di Indonesia.

 

 

Dari tayangan yang ada benar-benar membuat terkejut pemerintah dan berbagai negara serta lembaga internasional. Walau tayangan ini banyak yang menganggap sebagai black campaign terhadap Indonesia, namun menurut saya, tayangan ini menggambarkan dengan jelas kondisi bangsa ini terhadap mudahnya rokok didapatkan oleh berbagai rentang umur.

Rokok sangat membahayakan bagi kesehatan dalam jangka panjang, baik perokok aktif maupun perokok pasif. Rokok dapat menyebabkan impotensi, kanker, serangan jantung, stroke, gangguan kehamilan dan janin, dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Banyak kota di berbagai negara dan pemerintahan di berbagai negara dunia mulai membatasi akan akses rokok karena begitu banyak dampak negatif yang ditimbulkan akibat rokok. Namun, berbeda di Indonesia. Rokok masih sangat mudah didapatkan. Hal ini sangat ironis. Begitu banyak dampak yang ditimbulkan akibat rokok baik dampak fisiologis dan psikologis, namun sayangnya, menurut saya, pemerintah membuat regulasi yang terlalu mudah untuk rokok diperjualbelikan. Undang-undang dan peraturan yang ada belum bisa melindungi warga negara dari bahaya rokok. Mudahnya rokok didapatkan dan diperjualbelikan di berbagai tempat, bahkan di dekat sekolah-sekolah, dapat dibeli oleh anak-anak atau golongan yang masih dibawah umur, iklan dan sponsorship produsen rokok di acara-acara olahraga, musik, dan acara-acara anak muda lainnya.

Semoga dengan tayangan yang ada dapat membuka mata kita mengenai industri rokok di negara ini yang sudah merajalela. Kalau anda sudah tahu bahayanya, kenapa anda tetap lakukan???? KEEP HEALTHY FOR YOUR BODY AND YOUR SOUL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s