BUKIT BANGKIRAI, AMAZING BORNEO VIEW FROM THE CANOPY BRIDGE

Posted: August 10, 2013 in News n Funs
Tags: , ,

Bila anda sedang berkunjung ke kalimantan timur, khususnya daerah balikpapan, saya mewajibkan anda untuk melihat keindahan alam bumi borneo di objek kawasan wisata alam Bukit Bangkirai.
IMG_7979

IMG-20130329-00602HOW TO GET THERE?

Bukit Bangkirai adalah kawasan wisata alam yang dikelola oleh PT. Inhutani I Unit Balikpapan . Bukit Bangkirai ini terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Bukit Bangkirai dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama 1,5 jam dari Kota Balikpapan atau berjarak sekitar 150 km dari kota Tenggarong atau Samarinda dan hanya sekitar 58 km dari arah kota Balikpapan serta 20 km dari ibukota Kecamatan Samboja. Bukit Bangkirai terletak di KM 38 jalan Soekarno Hatta arah balikpapan.

kpmb_peta_balikpapan-1

Source : http://kpmbyogya.files.wordpress.com/2008/08/kpmb_peta_balikpapan-1.jpg

Akses jalan menuju kawasan Bukit Bangkirai tergolong cukup baik. Dari Arah balikpapan, Anda dapat belok kiri di KM 38 jalan Soekarno Hatta dan selusuri jalan yang ada kurang lebih sepanjang 7 KM sampai anda menemukan Gerbang Masuk Kawasan Bukit Bangkirai yang berada di sisi kiri jalan. Mulai dari gerbang masuk ini, jalan agak bergelombang, namun secara keseluruhan, badan jalan dalam kondisi baik karena telah diberi batu palu/kerikil sabagai lapisan surface. Bila anda pergi ke bukit bangkirai, jangan kaget bila anda memasuki kawasan tersebut melewati penjagaan security dan menemukan adanya dump truck yang membawa batubara (DT hauling) karena di kawasan ini juga terdapat area pertambangan batu bara.

Setelah anda menyusuri jalan bergelombang tersebut, anda akan memasuki gerbang tiket pintu masuk Kawasan Bukit Bangkirai. Harga tiket masuk kawasan Bukit Bangkirai adalah  :

Tiket : – Orang dewasa : Rp 3.500                        – Anak Kecil : Rp 1.500

Parkir : – Roda dua : Rp 3.000                               – Roda empat : Rp 5.000

Harga Tiket Masuk Kawasan Bukit BangkiraiKawasan wisata ini menawarkan pesona hutan hujan tropis yang masih alami, yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana wisata seperti restoran, lamin untuk pertemuan, kolam renang, serta cottage maupun jungle cabin.

IMG-20130329-00597Kawasan ini disebut  Bukit Bangkirai karena Hutan ini didominasi oleh pohon jenis Bangkirai yang tumbuh di kawasan hutan lindung ini. (Maskot utama obyek wisata yang telah mendunia ini). ada pohon yang berusia lebih dari 150 tahun dengan ketinggian mencapai 40 hingga 50 m, dengan diameter 2,3 m. Pertumbuhan banir (akar papan) yang besar dan kuat menjadikan pohon ini memiliki nilai keindahan tersendiri.

IMG-20130329-00605Di kawasan ini terdapat canopy bridge (jembatan tajuk) sepanjang 64 m yang digantung menghubungkan 5 pohon Bangkirai di ketinggian 30-40 m. Jembatan tajuk ini merupakan yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan yang kedelapan di dunia. Konstruksinya dibuat di Amerika Serikat. Canopy Bridge inilah yang menjadi pusat daya tarik dari kawasan Bukit Bangkirai. Untuk mencapai spot Canopy Bridge, anda harus melewati beberapa track jalan menyusuri anak tangga dan jalan tanah yang cukup mendaki.

Meniti canopy bridge atau jembatan tajuk yang digantung menghubungkan 5 pohon Bangkirai. menyusuri jembatan gantung di ketinggian 30-40 meter dari muka tanah diiring desiran angin yang sejuk seirama  jembatan yangberayun-ayun . sambil melihat panorama hutan hujan tropis (tropical rain forest) Bukit Bangkirai serta mengamati dari dekat formasi tajuk tegakan “Dipteropcarpaceae” yang menjadi ciri khas hutan hujan tropis, yang membentuk stratum atas yang saling sambung menyambung.  terdapat dua menara dari kayu ulin yang didirikan mengelilingi batang pohon Bangkirai.

SEJARAH SINGKAT PEMBANGUNAN JEMBATAN TAJUK (CANOPY BRIDGE)

Setelah dilakukan survey lokasi dan pemeriksaan pohon penyangga dan lingkungan muka dilakukan pembangunan tahap pertama pada bulan januari 1998. Selanjutnya dilakukan pembangunan tahap kedua hingga selesai pada bulan februari 1998. Maka total masa pembangunan adalah satu bulan.

Dikerjakan oleh para kontraktor dari Amerika yang tergabung dalam Canopy Contraction Associated sebanyak 6 orang yang bertinfak selaku pelaksana langsung di lapangan dengan dibantu oleh 3 tenaga lokal.

Selain kayu seluruh material yang digunakan dalam pembangunan Canopy Bridge ini adalah merupakan baja anti kawat (Galvanized) asal Amerika. Selain itu, desain dan konstruksi yang diterapkan merupakan teknologi terbaru dibidangnya. Tentu saja semua itu merupakan suatu usaha untuk menjamin keamanan dan keselamatan pengunjung yang melewatinya.

Konstruksi dan umur jembatan ini diperkirakan mampu bertahan hingga 15-20 tahun selaras dengan umur pohon penyangga itu sendiri.

Walaupun keamanan dan keselamatan jembatan ini telah dijamin oleh INHUTANI selaku pemilik namun ketaatan dan kepatuhan pengunjung untuk mentaati peraturan yang ada tetap mutlak diperlukan bagi kepentingan kita semua.

(Disadur dari Pengumuman di Mading Kawasan Bukit Bangkirai)

Canopy Bridge

IMG-20130329-00660Untuk naik ke atas dan melewati canopy bridge, anda diperlukan membayar HTM Rp 20.000 untuk turis lokal dan Rp 50.000 untuk turis asing. Namun HTM tersebut tergolong kecil  bila anda telah berada di atas Canopy Bridge dan merasakan keindahan hutan tujan tropis Kalimantan. Adrenalin anda juga akan terpacu saat melewati Canopy Bridge tersebut, perasaan berdebar-debar saat jantung memompakan darah ke pembuluh begitu kerasa saat pertama kali melewati jembatan pertama dimana terasa sekali jembatan bergoyang saat berjalan diatas jembatan, ditambah dengan hembusan angin pada ketinggian 30-40 meter tersebut membuat adrenalin semakin keluar. Namun lambat laun, perasaan debar tersebut akan teralihkan dengan keindahan alam sekitar. Inilah keindahan alam kalimantan, hutan hujan tropis yang lebat nan memikat.

IMG_8038

IMG-20130329-00657Saat anda berada diatas, jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen tersebut dengan beberapa kali jepretan kamera karena momen tersebut sayang untuk dilewatkan bila tidak diabadikan. Keindahan tak ternilai. Hutan kalimantan, salah satu pusat paru-paru dunia.

IMG-20130329-00624

IMG-20130329-00630Selain mengabadikan diri dan lingkungan sekitar kawasan Bukit Bangkirai melalui Canopy Bridge, banyak sekali spot-spot menarik yang dapat dijadikan tempat menjepretkan kamera anda untuk mengambil gambar menarik. Sebagai penutup, saya sangat terkesan sekali dengan plang seperti pada gambar dibawah ini.

IMG-20130329-01088Jadi, apabila anda berada di Balikpapan, Samarinda, dan sekitarnya, jangan lupa untuk menyempatkan waktu anda untuk berkunjung ke Kawasan Bukit Bangkirai dan temukan keindahan alam kalimantan melalui Canopy Bridge yang ada dengan sensasi adrenalin memuncak saat anda melewatinya.

Advertisements
Comments
  1. awan says:

    amzing canopy bridge, new sensation your adrenaline..

    • jefrihutagalung says:

      Yes, it was amazing to feel the sensation walked in canopy bridge.. Great experience.. beautiful scenery.. unforgettable moment i think..

  2. vada says:

    jangan ambil apapun selain gambar / take nothing but picture
    jangan tinggalkan apapun selain jejak / leave nothing but footprint
    jangan buru apapun selain waktu / kill nothing but time

    itu semboyan buat para pecinta alam pak jef…

    • jefrihutagalung says:

      Nah itu dia dek vada, dengan adanya tulisan tersebut pas banget dengan kondisi disana karena kondisi sekitar sana masih asri dan alami banget.. Smoga kita bisa trip bareng lagi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s