KAWASAN WISATA PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP (KWPLH) BALIKPAPAN

Posted: December 31, 2013 in News n Funs
Tags: , ,

Pada tanggal 09 Agustus 2013, saya beserta kawan-kawan sekolega di lebaran hari kedua berangkat trip ke balikpapan dengan salah satu tujuan adalah Kawasan Wisata Pendidikan dan Lingkungan Hidup (KWPLH).

IMG-20130809-00956Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) terletak di Km.23 Jalan raya Balikpapan-Samarinda (Jl. Soekarno-Hatta) dan berada di sebelah kanan jalan apabila anda dari arah balikpapan. Anda akan dengan mudah menemukan jalan masuk akses ke KWPLH karena akses masuknya sangat khas dengan adanya miniatur beruang dengan tulisan KWPLH diatasnya pada akses masuk tersebut. Kawasan ini merupakan kawasan konservasi Beruang Madu atau yang dikenal dengan nama ilmiah “Helarctos Malayanus” . Hewan ini tergolong salah satu satwa yang dilindungi diduni

Image

IMG-20130809-00934Setelah anda memasuki area KWPLH, di area depan, anda akan disambut kembali dengan patung beruang ditambah dengan billboard selamat datang di KWPLH. Lingkungan KWPLH sangatlah asri dan rindang. Selama berada di KWPLH diharapkan anda mematuhi tata tertib yang berlaku.

IMG-20130809-00933Berbeda dengan tempat pemeliharaan beruang madu lainnya, enclosure Beruang Madu di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) yang menempati area seluas 1.3 ha. ini dirancang sedemikian rupa agar mendekati kondisi habitat yang sesungguhnya.

KWPLH memiliki 5 (lima) ekor beruang madu yang kesemuannya merupakan beruang yang pernah ditangkap dan dikomersialisasikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Agar bisa melihat beruang secara langsung, sebaiknya anda sudah berada di menara intai beberapa menit sebelum pukul 09.00 pagi (Wita) atau pukul 15.00 (Wita). Sayangnya saat kami sampai di KWPLH, kami tidak mendapatkan kesempatan melihat beruang yang ada saat diberi makan pada jam 9.00 pagi dan 15.00 sore. Namun sangat beruntung setidaknya kami dapat melihat salah satu beruang dari kejauhan yang sedang berjalan dan beruang yang sedang tertidur. Saat anda berkunjung ke kawasan ini, akan ada tour guide yang membantu anda menjelaskan mengenai beruang madu yang terdapat di KWPLH ataupun penjelasan beruang madu secara umum. Para tour guide ini akan sigap menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

20130809_105237Selain enclosure beruang madu, Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan “mini information center-beruang” (pusat informasi beruang) yang didisain kusus untuk membantu anak-anak memahami keberadaan jenis-jenis beruang di dunia.

IMG-20130809-00949

IMG-20130809-00950

IMG-20130809-00952Jangan lupa untuk mengabadikan momen anda selama di KWPLH, ada beberapa tempat yang bisa anda jadikan spot untuk mengambil beberapa jepretan dari kamera anda.

DSC02903

DSC02924

DSC02917Untuk memasuki KWPLH, anda tidak dipungut biaya seserpun. Namun diharapkan anda melakukan donasi anda dengan membeli souvenir yang ada karena hasil penjualan souvenir tersebut digunakan untuk mempertahankan kawasan ini.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

No Telp : (0542) 7108304

http://kwplh.wordpress.com/

https://www.facebook.com/KWPLH.Balikpapan/info

Pengalaman saya pribadi, baik situs maupun alamat facebook KWPLH sangatlah membantu saat saya beserta teman pergi ke sana. Info yang disajikan lengkap dan pertanyaan yang kuajukan via facebook, direspon cepat.

Bila anda bingung untuk melakukan wisata dikawasan balikpapan saat libur idul fitri / lebaran, natal, tahun baru, atau hari libur lainnya atau bahkan weekend days, anda dapat membawa keluarga, saudara, dan teman-teman anda untuk berkunjung ke KWPLH karena kawasan ini memiliki banyak informasi menarik seputar beruang madu dan dapat menambah wawasan anda beserta keluarga atau teman-teman anda.

Comments
  1. keep green….. kalimantan paru-paru dunia… tetap semangat dalam melestarikan lingkungan hidup.. bergabunglah bersama kami dalam usaha penanaman pohon kurma di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s