MENARIKNYA TELUK KILUAN, LAMPUNG UNTUK BERLIBUR MELIHAT LUMBA-LUMBA

Posted: January 4, 2014 in News n Funs
Tags: , , ,

Provinsi lampung mulai banyak dilirik oleh warga DKI Jakarta dan sekitarnya untuk berlibur di akhir pekan ataupun hari libur panjang lainnya karena lampung menawarkan banyak tempat keindahan alam, khususnya pantai yang memukau. Selain pahawang yang mulai terkenal di lampung, terdapat pula sebuah teluk yang terkenal karena penampakan lumba-lumbanya sehingga sudah banyak berbagai acara televisi yang meliput tempat ini. Mungkin anda sudah mulai tak asing lagi mendengar nama tempat ini, yaitu Teluk Kiluan.

HOW TO GET THERE?

Teluk Kiluan terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Untuk mencapai Kiluan dari Jakarta dan sekitarnya adalah anda harus menyebrangi Selat Sunda dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakaheuni di Lampung. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum (bis arimbi, primajasa, atau lainnya jurusan jakarta/bekasi/bogor) menuju Pelabuhan Merak. Untuk menyeberang dari pelabuhan merak ke bakauheni, anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 15.000/orang atau bila menggunakan mobil mini bus seperti Avanza, Xenia, dan lain-lain biaya penyebrangan satu mobil sekitar Rp 235.000. Waktu yang dibutuhkan untuk menyebrang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni adalah selama 2 hinga 4 jam tergantung pada cuaca dan juga kapal yang anda naiki.

Setelah sampai di Pelabuhan Bakaheuni, anda bisa menuju Bandar Lampung dan juga ke Desa Kiluan ini. Perjalanan dari Bandar Lampung menuju Kiluan adalah sekitar 6 jam menggunakan kendaraan pribadi. Rute menuju Teluk Kiluan adalah start dari Bandar Lampung berjalan ke arah Padang cermin hingga menemui persimpangan masuk pangkalan TNI AL. Di persimpangan itu ambil jalur ke kiri menuju pangkalan AL/Bumi Marinir/Punduhpidada (jika ke kanan akan ke arah Kedondong). Jalan terus hingga Pasar Bawang, di persimpangan pasar itu ambil jalur ke kanan hingga menemui persimpangan terakhir. Pada persimpangan terakhir ini ambil arah kiri, di mana terdapat gapura menuju Teluk Kiluan.
Janganlah anda tertipu dengan rambu-rambu penunjuk jarak menuju kiluan. Pertama, anda akan melihat rambu penunjuk jarak Teluk Kiluan 20KM. Setelah itu melewati 20KM, akan ada rambu penunjuk arah Teluk Kiluan 7KM, dan terakhir akan ada penunjuk jarak menuju Teluk Kiluan 13KM. Entah apa maksud dari penunjuk arah dan jarak kiluan ini.
Image
Image
Anda harus berhati-hati dalam berkendara karena jalan akses menuju desa kiluan banyak berlubang, terjal, dan anda harus melewati sungai kecil karena adanya jembatan yang sedang diperbaiki di desa kiluan. Jadi anda disarankan untuk jangan pergi atau pulang malam dari dan menuju kiluan karena tidak adanya penerangan disepanjang jalan serta tikungan dan turunan tajam dengan kondisi badan jalan yang berlubang karena akan sangat membahayakan perjalanan anda.
Image
Namun, walaupun begitu, di berbagai spot perjalanan, anda akan disuguhi berbagai pemandangan yang menyejukan mata seperti berjalan diantara sawah, melewati kolam-kolam pembuatan garam dengan banyak kincir airnya. Bukit-bukit yang hijau terbentang. Di sepanjang jalan juga banyak biji-biji cengkeh yang dijemur. Sapi-sapi dan kambing-kambing juga banyak kita temui di sepanjang jalan.
Image
Saat anda memasuki pintu gerbang diteluk kiluan, anda dihadapi kembali dengan jalan terjal dan adanya jembatan yang sedang diperbaiki sehingga anda diharuskan lewat anak sungai saat berkendara. Namun suasana di desa kiluan sangatlah kental dengan agama hindu (merasa seperti di Bali) dengan adanya pura dan rumah-rumah disekitar yang berornamen hindu. Suasana di desa kiluan sendiri sangatlah asri dan nyaman. Untuk menyeberang ke pulau kiluan, anda dapat menggunakan perahu/jukung dengan biaya sekitar Rp30.000 untuk pulang-pergi dari dan menuju pulau kiluan (ditinggal oleh operator jukung, anda hanya perlu janjian jam berapa dijemput oleh operator jukung).
Image
Waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang ke pulau kiluan tidaklah lama, kurang-lebih hanya memakan waktu 10-15 menit dari pelabuhan penyebrangan di teluk kiluan. Sewaktu saya ke kiluan, kondisi cuaca sedang tidak mendukung, sehabis hujan dan awan gelap menyelimuti langit. Walaupun begitu, pemandangan menuju kiluan tidak boleh ditinggalkan begitu saja tanpa mengambil beberapa jepretan kamera yang dibawa.
Image
PULAU KILAUAN: EKSOTISNYA TELUK LAMPUNG
Setibanya anda sampai di pulau kiluan, anda akan dihadapi dengan pemandangan hamparan pantai yang tidak begitu lebar namun mempesona. Pulau kiluan tidaklah luas namun memiliki pemandangan biorama sekitar yang eksotis. Jernihnya air laut yang hijau kebiruan sangatlah indah. Untuk menikmati pulau kiluan, anda dikenakan biaya sekitar Rp 5.000/orang yang dibayarkan ke pengelola. Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola pulau kiluan, yaitu penginapan bila anda ingin menginap dengan biaya sekitar Rp 350.000 per malam tanpa ada batasan jumlah orang menginap. Pihak pengelola juga menawarkan jasa penyewaan alat snorkling dengan biaya sekitar Rp 25.000 dan jaket pelampung dengan biaya Rp 10.000. Di teluk kiluan, terdapat kamar mandi luar dengan ala kadarnya bila anda ingin membilas badan anda sehabis berenang/snorkling tanpa dikenakan biaya. Bila anda ingin menginap di homestay, anda bisa merogoh kocek yang tidak terlalu dalam, hanya sekitar Rp100.00 – Rp 200.000 dengan biaya makan per porsi di sekitar kiluan rata-rata sekitar Rp 15.000 / porsi. Di teluk kiluan tidak ada jaringan listrik saat ini. Listrik yang ada berasal dari genset yang dihidupkan dari pukul 18.00-06.00. Namun, dari info yang saya dengar, ada rencana akan dibangun jaringan listrik ke area kiluan.
Image
Image
TELUK KILUAN: PENGALAMAN BERTEMU DENGAN LUMBA-LUMBA DI ALAM BEBAS
Bila anda ingin melihat lumba-lumba di alam bebas, anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke pantai Lovina, Bali. Anda cukup datang ke teluk kiluan. Untuk melihat atraksi lumba-lumba di Teluk Kiluan Lampung hanya bisa di pagi hari dari pukul 06.00 – 10.00. Anda bisa menyewa jukung dengan harga sewa rata2 Rp. 250.000/3 orang. Dengan jukung, anda dapat pergi ke tengah laut dengan estimasi waktu yang dibutuhkan sekitar 25 menit dari bibir pantai kiluan. Setidaknya ada dua jenis Lumba-Lumba di perairan sekitar teluk kiluan, spesies pertama adalah Lumba-Lumba Hidung Botol (Tursiops Truncatus) dengan badan yang lebih besar dan pemalu. Spesies yang kedua adalah Lumba-Lumba Paruh Panjang (Stenella Longirostris) yang bertubuh lebih kecil dan senang melompat.
Image
Comments
  1. Mas Dave says:

    Interesting. Buat tulisan liburan ke tempatku dong :p

    • jefrihutagalung says:

      wahaaahaaa… komen juga kau vid.. nantilah pas nemu waktunya, ku buat review pengalaman ke beras basa, bontang.. kapan kita trip bareng lagi nih? tapi jangan ke anyer/carita.. yg lebih menarik lagilah..

  2. ans says:

    Bro Jeffri, salam kenal.
    Btw bulan apa pergi ke kiluannya?
    Beneran ketemu ama lumba”nya? emang masih banyak

    • jefrihutagalung says:

      Salam kenal bro ans. Saya pergi sekitar akhir november 2013. Kalau ingin melihat lumba-lumbanya disarankan datang jam 6.00-10.00 pagi. Lihat cuaca juga, kalau hujan dan gelombang tinggi, akan sulit mendapatkan lumba-lumbanya

  3. Annisa Fauziyah says:

    Wah, sayang ya untuk sekarang … Pulau / Pantai Kiluan kali ini ditawarkan untuk dijual secara internasional. Harganya saja sekarang terbilang sedikit lah (bagi saya) Rp 3.5 miliar , atau Rp 20 miliar-an (lupa)

    • jefrihutagalung says:

      ya sayang kali klo dari berita yang beredar dijual. Semoga dikaji ulang atau brita tersebut merupakan isapan jempol saja

  4. Aditya Wijaya says:

    Salam rimba!!! Mau tanya gan, saran agan mending bawa mobil pribadi dari jakarta, apa backpackeran untuk ke teluk kiluan? Dan untuk budget per-org kira2 kena brp ya buat kesananya…

    • jefrihutagalung says:

      Kalau agan biasa bawa mobil dimedan jalan yang “hancur” n siap cape nyetir lama, silahkan bawa aja gan. Untuk budget, tergantung agan kesananya mau pakai mobil pribadi, ikut rombongan, atau apa. List harga ada ditulisan saya gan, agan bisa jadikan rekomendasi
      Biaya masuk pulau : Rp 5rb
      Biaya homestay : Rp 100-200rb/malam
      Biaya sewa alat snorkling: Rp 20rb
      Biaya sewa life jacket : Rp10rb
      Biaya makan rata2: Rp15rb/porsi
      Biaya antar jemput jukung: Rp 30rb/pp

  5. halo mas jefri salam kenal, saya rencana mau ke teluk kiluan nih, mas jefri dari bandar lampung ke teluk kiluan pake transportasi apa ya? ada angkutan umum dari bandar lampung ke teluk kiluan ga? trims mas

    • jefrihutagalung says:

      Hai nanda, waktu itu bersama dengan teman saya, kami naik motor. Tidak disarankan sebenarnya naik motor karena kondisi waktu itu hujan, banyak jalan berlubang dan ada beberapa bagian yang tidak diaspal (jalan tanah, sedikit berbatu). Saya masih tidak copy ada atau tidaknya angkutan umum, namun sepertinya tidak ada, karena melihat kondisi akses menuju ke teluk kiluan cukup terpencil. Ada dua cara menuju teluk kiluan, via darat dengan kendaraan pribadi atau via air dengan perahu sewaan dari dermaga kalianda. Semoga membantu. Tks

  6. hendra says:

    Mau tanya , kalau dari pusat kota bandar lampung prjalanan brmotor berapa jam ya, dan prjalanan kesana rawan dgan tindak kejahatan atau tidak. Trmksih

  7. biandi says:

    Hai mas jefri salam kenal,
    Saya rencana mau ke kiluan nih, mau tanya dong mas, dari bakaheuni naik apa?
    Denger2 byk calo di bakaheuni, minta tips nya mas biar gak kena calo hehe

    Trims infonya…

    • jefrihutagalung says:

      Ya mas.. biasa namanya jg terminal/plabuhan kan begitu.. aku sendiri tidak tahu apakah ada angkutan langsung menuju kiluan.. tapi rasanya harus pakai kendaraan sendiri. Waktu kesana dari bakauheni, saya naik bus menuju jl. Panjang. Saya pergi ke rumah teman didaerah tersebut. Ke kiluan, saya dan teman naik motor menuju bakauheni, dengan bermodalkan tanya sana-sini disepanjang perjalanan. Selain lewat darat, ke kiluan dapat lewat laut. Dari bakauheni, naik angkot ke dermaga canti. Darisana bisa sewa perahu. Akan lebih baik bila rombongan berangkatnya klo lewat dermaga canti. Karna rasanya tidak ada perahu penyebrangan umum menuju kiluan, beda bila anda pergi ke pulau sebesi, kawasan kepulauan krakatau. Terdapat perahu penyebrangan umum dari dermaga canti

  8. Yevianasarah says:

    Sepertinya menyenangkan, tetapi mengapa ada sampah disana dipinggir pantai?terlihat di foto

    • jefrihutagalung says:

      Sampah yang ada tersebut bukan berada di teluk kiluannya, namun di dermaga penyebrangan saat kita akan sewa jukung ke pulau kiluan. Memang terlihat ada sampah betebaran di dermaga nelayan tersebut. Terima kasih

  9. ardi says:

    Desa saya sebenernya di padang cermin tp baru tau ada teluk seindah itu dan dekat dgn desa ku. Kapan bisa kesana ya.. Rindu kampung

    • jefrihutagalung says:

      Lampung sudah mulai banyak dilirik wisatawan dari dki jakarta dan sekitarnya karena banyak spot2 wisata menarik di provinsi lampung seperti kawasan gunung anak krakatau, pulau pahawang, taman nasional way kambas, dan teluk kiluan

  10. Fikri says:

    Pulau Kiluan tuh kaya surga yg tersembunyi, banyak hal indah yg ada dissana
    penasaran banget pengen kesana

  11. Jafin says:

    Seru banget bisa main sama banyak lumba-lumba di spot diving ini yaa

  12. danial says:

    Asik banget Teluk Kiluan Lampung kalo ada rejeki saya mau ke sana ah. mantep bgt gan.

  13. Rina says:

    Bagus banget gan. Tapi jalanannya itu yang bikini ngeri. 😀
    mampir ke Jawa timur juga ya kalau ada waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s