PENANGKARAN BUAYA, TERITIP, BALIKPAPAN : TEMPAT MENANTANG ADRENALIN DAN MENYANTAP SATE BUAYA

Posted: January 6, 2014 in News n Funs
Tags: , ,

Untuk anda yang suka dengan adrenalin memuncak dan menikmati kuliner yang berbeda, ekstrim, atau unik, silahkan anda berkunjung ke Taman Wisata Satwa & Budaya Borneo Life, Balikpapan, Kalimantan Timur. Tempat wisata ini lebih dikenal dengan Penangkaran buaya teritip, Balikpapan.

Berdasarkan situs wonderful indonesia, pusat Penangkaran Buaya Teritip terletak sekitar 28 kilometer dari Balikpapan. Tepatnya di Jalan Mulawarman No. 6, Desa Teritip, Balikpapan, Kalimantan Timur 76118. Telepon: 0542-790568. Dibutuhkan sekitar 20 sampai 30 menit perjalanan ke tempat ini. Anda juga bisa mengambil transportasi umum nomor 7 dari Stasiun Bus Damai, Balikpapan.

Berdasarkan situs yang sama, Teritip merupakan pusat penangkaran bagi sejumlah besar buaya di Kalimantan Timur. Saat ini, terdapat lebih dari 1.450 ekor buaya di tempat ini mulai dari buaya muara (Crocodylus porosus) dan dua spesies yang terancam punah yaitu buaya air tawar (Crocodylus siamensis) serta buaya supit (Tomistoma segellly).

Buaya-buaya ini dibesarkan di dalam puluhan kandang di lahan seluas 5 hektar. Kandang ini dikategorikan menjadi 4 jenis yaitu, kandang untuk anak buaya, kandang untuk menimbang berat badan buaya, kandang untuk buaya muda, dan kandang untuk buaya dewasa. Penangkaran buaya teritip dibuka setiap hari Senin hingga Minggu pukul 8.00-17.00. Bila anda berencana berkunjung ke kawasan penangkaran buaya ini, anda diwajibkan membayar harga tiket masuk penangkaran buaya teritip (HTM) Rp 15.000 (terjadi kenaikan HTM berdasarkan situs wonderful indonesia dimana sebelumnya HTM Rp 10.000).

ImageSaat anda di loket pembayaran tiket masuk, anda akan melihat dua ekor gajah lampung yang berada di sebelah kiri, searah dengan loket penjualan tiket. Anda dapat berfoto sebentar dengan gajah yang dilepas bebas. Parkirkan kendaraan anda di tempat parkir yang telah disediakan segera setelah membeli tiket. Namun, janganlah masuk ke dalam terlebih dahulu, anda dapat melihat kandang anak buaya yang berada di luar. Selain itu, anda pun dapat mengabadikan diri dengan miniatur patung buaya yang terletak di depan pendopo kawasan ini.

ImageSaat anda memasuki area kawasan penangkaran, anda dapat mulai memacu adrenalin anda dengan melewati selasar diantara bangunan penangkaran buaya yang berada di kiri-kanan dari selasar. Kandang buaya yang ada tergolong tertata dengan cukup baik. Rambu-rambu peringatan yang ada di kawasan ini cukup baik untuk mengingatkan para wisatawan untuk menjaga tata tertib yang ada.

Image

ImageDi area penangkaran buaya teritip, anda dapat memberi makan buaya dengan membeli seekor ayam mati dengan harga Rp 10.000/ekor. Saat melemparkan ayam tersebut, siapkan kamera anda untuk mengabadikan momen tersebut baik berupa gambar ataupun video untuk melihat tingkah laku buaya saat makan. Bila anda beruntung, mungkin anda dapat melihat tingkah laku buaya saat berebut makan tersebut.

ImageKawasan penangkaran buaya teritip juga menyediakan area untuk berfoto bersama anak buaya. Untuk foto bersama anak buaya tersebut, anda harus merogoh kocek anda sebesar Rp 25.000 per foto atau bila anda ingin foto dengan anak buaya tersebut menggunakan kamera anda, anda hanya perlu mengeluarkan Rp 10.000 dari dompet anda.

ImagePenangkaran buaya teritip, balikpapan, dikelola oleh pihak swasta yaitu oleh CV Surya Raya sejak tahun 1993. Tempat wisata ini memiliki banyak fasilitas termasuk toko souvenir dan tempat makan. Tempat ini menjual berbagai pernak-pernik mengenai buaya, mulai dari kaos bergambar penangkaran buaya teritip, dompet dan tali pinggang/gesper kulit buaya, sampai tangkur buaya dengan berbagai ukuran panjang. Untuk harga tangkur buaya dijual dengan harga yang bervariasi tergantung dari panjang tangkur mulai dari harga Rp400.000 sampai dengan jutaan rupiah.

ImageSetelah anda membeli cinderamata, di depan toko souvenir tersebut terdapat tempat makan dengan menu ektrim dan unik dimana jarang sekali anda menemukannya, yaitu sate buaya.  Harga sate buaya dijual dengan harga Rp3.500 per tusuk. Sate ini dipercaya mampu meningkatkan kekuatan dan vitalitas pria. Harap dicatat bahwa sate buaya, alat kelamin buaya dan minyak hanya tersedia selama akhir pekan dan hari libur.

Image

ImageJadi, apakah anda tertarik untuk berkunjung ke kawasan penangkaran buaya teritip? Silahkan luangkan waktu anda saat berkunjung ke balikpapan untuk menantang adrenalin anda berada dekat langsung dengan buaya ataupun sekedar mencicipi kuliner ektrim berupa sate buaya. Selamat berwisata!

Comments
  1. Joko Waluyo says:

    Wuihhh ada satenya lagi…
    sepertinya wajib di visit nih kalau ke balikpapan…
    mantaaapppp…..

    • jefrihutagalung says:

      silahkan mas. Perlu dicatat bahwa sate buaya hanya dijual pas weekend dan hari raya saja. Bila berkunjung saat weekdays, mas tidak akan menemukan sate buaya disini

  2. abdul rahmat says:

    boleh pesen kulit buaya ga?
    1 lembar aja
    kulit pundaknya
    kira-kira harganya berapa
    hubungi saya yaa
    083890283050

    • jefrihutagalung says:

      Maaf, saya hanya salah seorang turis lokal yang berkunjung ke teritip dan tidak memiliki link mengenai permintaan tersebut
      Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s