BERAS BASAH, DESTINASI WISATA PATUT DIKUNJUNGI DI KOTA BONTANG, KALIMANTAN TIMUR

Posted: January 18, 2014 in News n Funs
Tags: ,

Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak tempat menarik untuk berwisata. Mungkin anda sudah sangat akrab dengan istilah kepulauan derawan, taman nasional kutai, bukit bangkirai, ataupun perkampungan dayak. Bagaimana dengan pulau beras basah?  Bagi anda yang berada di Kota Bontang, Pulau Beras Basah mungkin sudah tidak asing terdengar di telinga anda. Ya, Pulau Beras Basah berada di Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur.

Image

Untuk mencapai tempat ini, anda dapat menggunakan pesawat dari berbagai kota di Indonesia dengan tujuan Balikpapan yaitu Bandara Internasional Sepinggan. Dari Balikpapan, anda dapat menuju Bontang dengan dua moda transportasi yaitu jalur darat dengan menggunakan bus dan jalur udara dengan menggunakan pesawat. Bila anda memilih jalur darat dengan menggunakan bus, anda dapat menaiki Bus AC jurusan Balikpapan-Bontang dengan tarif sekitar Rp 85.000 dengan estimasi lama perjalanan sekitar 5 – 7 jam. Bila anda dari Samarinda, anda juga dapat menggunakan bus dengan rute Samarinda-Balikpapan dengan tarif Rp 20.000. Tiba di Bontang, anda bisa menyewa kapal di sekitar Bontang Kuala dan Tanjung Laut. Tarif sewa kapal bervariasi, antara Rp 300 hingga 400 ribu dengan kapasitas penumpang sekali jalan bisa mencapai 10 penumpang sekaligus.

Image

Pengalaman pribadi saya pergi ke Pulau Beras Basah bersama lima orang kawan dengan menggunakan mobil charter dari daerah Kutai Kartanegara menuju Kota Bontang untuk mempermudah perjalanan. Dalam perjalanan, anda harus selalu berkendara safety karena jalur jalan sangat berliku dan banyak jalur mendaki dan menurun yang perlu kewaspadaan, ditambah dengan jalan poros Samarinda-Bontang banyak dilalui oleh kendaraan berat seperti tronton.

Image

Untuk sampai ke Pulau Beras Basah dari Bontang Kuala ataupun Tanjung Laut, dibutuhkan waktu kurang lebih 40 menit sampai 1 jam. Sesampainya anda di Pulau Beras Basah, anda akan disuguhi dengan pemandangan hijaunya tumbuhan didasar laut dekat tepi pantai, jernihnya air laut dan pasir pantai yang bersih.

Image

Image

Bila anda memandang jernihnya air laut pada Pulau Beras Basah, anda bahkan dapat melihat ikan-ikan kecil dan bintang laut yang berada di sekitar tepi pantai. Selain itu, pada pulau ini terdapat mercusuar yang dibangun oleh PT. Badak yang menjadi daya tarik tersendiri. Bila anda sudah bosan bermain-main di pantai, anda dapat bermain banana boat yang tersedia dengan tarif sekitar Rp 30.000/orang.

Image

Di area Pulau Beras Basah, terdapat bangunan penginapan bila anda mau menginap, namun saya tidak mengetahui berapa besar tarif menginap. Selain itu, terdapat juga warung yang menjual es kelapa, mie cup, dan aneka minuman lainnya. Namun di tempat ini tidak menjual nasi dan lauk pauk, jadi disarankan anda untuk membawa perbekalan sendiri. Air bersih untuk mencuci badan sangatlah sulit di Pulau Beras Basah. Untuk mendapatkan air bersih, anda diharuskan membayar Rp 5.000 per 1 dirigen 5 liter bila anda ingin membersihkan badan anda dari lengketnya air laut.

Sebelum anda pulang dari beras basah, janganlah lupa untuk mengabadikan momen anda di tempat ini dengan menjepretkan beberapa gambar menggunakan kamera anda sebagai kenang-kenangan.

Image

Jadi, sempatkanlah waktu anda sehari untuk mengunjungi Pulau Beras Basah bila anda berada di Kota Bontang karena anda tidak akan menyesali akan pengalaman luar biasa menikmati bersihnya pasir pantai dan jernihnya air laut di Pulau Beras Basah. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s