PANTAI KLAYAR, INDAHNYA KARANG “SPINX” DARI PACITAN, JAWA TIMUR

Posted: January 19, 2014 in News n Funs
Tags: , ,

Bila anda ditanya mengenai apa yang anda ketahui mengenai Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, mungkin pikiran pertama anda yang terlintas adalah tempat kelahiran Presiden RI ke-6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun, bila ditanya mengenai objek wisata apa saja yang berada di Kabupaten Pacitan, apakah anda dapat menjawabnya? Mungkin anda akan menjawab wisata goa karena memang wilayah Pacitan dikenal sebagai daerah 1000 goa seperti Goa Gong dan Goa Tabuhan . Bagaimana dengan objek wisata pantai di Kabupaten Pacitan? Apakah anda pernah mendengarnya? Mungkin jarang terdengar di telinga anda untuk objek wisata pantai yang terdapat di Pacitan. Namun bila anda membaca berita beberapa bulan terakhir tepatnya pada bulan Oktober 2013 saat presiden SBY mengunjungi Pacitan, beliau beserta ibu negara menyempatkan diri pergi ke kawasan wisata Pantai Klayar.

IMG_1014

Ya, Pantai Klayar mulai menjadi sorotan berbagai pihak sejak kunjungan kepala negara ke objek wisata ini. Pantai Klayar terletak di Pacitan, sebuah wilayah di sisi selatan Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah. Tepatnya berada di desa Kalak, kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan.

IMG_1015

Sebagai pantai yang belum ramai dikunjungi apalagi dikelola resmi, akses menuju pantai ini masih agak sulit untuk ditempuh karena kurangnya penunjuk arah yang ada dan akses jalan yang tergolong sempit hanya satu lajur dalam satu jalur yang berkelok. Pada bulan Maret 2013, saya berangkat ke Pantai Klayar bersama dengan rombongan trip backpacker dari Jakarta setelah mengunjungi Goa Gong. Dari goa gong, akses jalan ke Pantai Klayar tidak dapat dilalui bus sehingga kami menyewa kendaraan mobil Kijang.  Waktu tempuh dari Goa Gong menuju Pantai Klayar sekitar 30 menit.  Sesampainya di Kawasan Wisata Pantai Klayar terlihat tidak banyak wisatawan yang berkunjung. Hal ini sangatlah baik sehingga kami dapat puas menikmati Pantai Klayar.

IMG_1020

Pantai Klayar memiliki pasir pantai yang bersih dengan air laut yang jernih. Namun jangan coba-coba anda berenang di tepi pantai karena pantai ini memiliki arus dan gelombang yang tinggi. Seandainya memungkinkan sekalipun, anda wajib berhati-hati dan melihat kondisi arus dan gelombang terlebih dahulu.

IMG_1029

Di sisi ujung timur Pantai Klayar, anda akan melihat sebuah laguna (lagoon) yang memanjakan mata yang melihat. Laguna ini diapit oleh dua gugusan karang dan terlihat sangat indah saat ombak menerjang gugusan karang yang ada sehingga anda akan tak akan bosan melihat pemandangan yang luar biasa menariknya. Gelombang ombak yang menghempas batu karang dengan kuatnya menimbulkan efek air terjun di dindingnya dengan buih-buih putih yang indah.

IMG_1037

IMG_1032

Pantai Klayar sendiri terkenal dengan gugusan karang yang menawan yang diakibatkan kikisan gelombang air laut dan hembusan angin yang cukup kencang. Dari gugusan karang yang ada, anda dapat melihat karang yang menyerupai “spinx” di Mesir yang berada di sisi timur. Bila anda mendekati karang yang berada di sisi timur tersebut, jepretkanlah kamera anda ke arah deburan ombak yang menerjang karang sisi barat dan menimbulkan efek air terjun yang menawan.

IMG_1057

Sebelum anda pulang, janganlah anda lupa untuk membuat memori indah dengan berfoto bersama “sphinx” dari Pacitan.

IMG_1051

Jadi, silahkan kunjungi Pantai Klayar untuk memastikan sendiri indahnya karang “spinx” dari Pacitan dan menariknya laguna yang diapit dua gugusan karang. Selamat berwisata!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s