TUGU KHATULISTIWA, MONUMEN EQUATOR LINE KOTA BONTANG

Posted: January 19, 2014 in News n Funs
Tags: ,

Garis Khatulistiwa adalah sebuah garis imajinasi yang digambar di tengah-tengah planet di antara dua kutub dan paralel terhadap poros rotasi planet. Garis khatulistiwa ini membagi Bumi menjadi dua bagian belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Garis lintang ekuator adalah 0°. Di dunia, garis khatulistiwa Garis khatulistiwa melintasi daratan atau wilayah perairan 14 negara dimana salah satunya adalah Indonesia. Ada beberapa tempat di Indonesia yang membuat monumen khatulistiwa sebagai tanda bahwa daerah tersebut dilintasi garis ekuator, diantaranya adalah Kota Pontianak di Kalimatan Barat, Kabupaten Pasaman di Sumatera Barat, dan Kota Bontang di Kalimantan Timur.

ImageBila anda dalam perjalanan dari Balikpapan/Samarinda menuju kota Bontang, anda akan melalui Jalan Poros Samarinda-Bontang. Tepikan kendaraan anda sebentar saat melewati Tugu Khatulistiwa yang berada di KM 25 Jalan Poros Bontang – Samarinda. Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menemukan tempat ini karena terdapat papan penunjuk di sisi kiri jalan bila anda dari arah Samarinda. Saya sendiri menyempatkan waktu sebentar untuk singgah di Tugu Khatulistiwa dalam perjalanan pulang setelah pergi menikmati Pulau Beras Basah yang berada di Kota Bontang.

ImageTugu ini dibangun atas Karya Bakti Latsitarda (Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara) tahun 1993, diresmikan oleh Panglima ABRI Jendral TNI Feisal Tanjung. Dari informasi yang saya terima, pada awalnya tempat ini kurang mendapatkan perhatian, baik dari masyarakat ataupun pemerintah. Pada tahun 2010 tempat ini direnovasi oleh dengan pendanaan pihak swasta (PT Kaltim Methanol Industri).

ImageBangunan  utama Tugu Khatulistiwa Santan Ulu  berbentuk lingkaran dan memiliki tinggi kurang lebih 30 meter. Di puncak bangunan dipasang arah mata angin dan posisi persis lokasi ini berdasar garis bumi, 00o  00’ 00′ dan 117o 21’ 47′ Bujur Timur. Tugu ini berdiri di lahan seluas 2 Ha. Terdapat area parkir yang cukup bagus dan suasana yang tercipta terkesan tenang dan rindang karena lokasinya yang masih asri. Untuk memasuki area Tugu Khatulistiwa, anda tidak dipungut bayaran. Bila dilihat dari kondisi lingkungan tugu, masih terlihat area tugu ini masih kurang mendapatkan perhatian pemerintah. Informasi yang terdapat pada tugu mengenai garis khatulistiwa pun tidak ada. Akan lebih baik apabila terdapat beberapa penjelasan menarik mengenai garis khatulistiwa sehingga tempat ini pun bisa dijadikan sebagai sarana belajar untuk mendapat pengetahuan bagi pengunjung. Jadi, tempat ini bukan hanya sekedar sebuah monumen peringatan saja, namun memberikan manfaat lebih bagi pengunjung.

Namun, walaupun tidak ada informasi lebih mengenai garis khatulistiwa, janganlah anda kecewa sehingga anda tidak mengabadikan tempat ini. Silahkan memasang pose terbaik anda dan menjepretkan kamera anda di Tugu Khatulistiwa ini.

ImageJadi tunggu apalagi, sempatkanlah waktu anda sebentar untuk singgah di Tugu Khatulistiwa Kota Bontang saat anda melintasi Jalan Poros Samarinda-Bontang.

Comments
  1. damay says:

    Bang Jefri… saya secara tdk sengaja juga ktemu tugu equator ditanah rata km 24 dijalan pipa gas menuju Bontang… saya takjub banget… dan tugu tsb terkesan terlupakan.. kayaknya lebih lama dari tugu equator yg ada skarang ini…

    • jefrihutagalung says:

      Hmm, saya kurang copy juga bahwasanya ada tugu ekuator lainnya yang berada di km 24 bontang. Saya hanya tahu tugu ekuator di jalan poros samarinda-bontang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s