CAVE TUBING DI GOA PINDUL DAN RIVER TUBING DI SUNGAI OYA, DESTINASI WISATA GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA

Posted: January 22, 2014 in News n Funs
Tags: , , , , ,

Pada bulan Maret 2013, saya beserta rombongan backpacker asal Jakarta berencana pergi ke Karimun Jawa. Namun sesampainya di Jepara, apa daya, harus putus asa karena tidak memungkinkan untuk kami menyeberang sebab ombak yang tinggi. Oleh karena itu, panitia rombongan backpacker memberikan opsi kepada para peserta untuk tetap melanjutkan trip dengan destinasi lainnya. Setelah berembuk dengan seluruh peserta, diputuskan untuk melakukan trip ke daerah Gunung Kidul dan Pacitan. Pada mulanya saya benar-benar buta mengenai destinasi wisata di Gunung Kidul. Jadi, saat melakukan musyawarah, saya bagaikan mengalir seperti air, mengikuti mayoritas keinginan para peserta karena saya berpikir sayang sekali perjalanan jauh yang telah ditempuh dari Jakarta harus gagal trip hanya karena tidak dapat menyeberang ke Karimun Jawa. Destinasi wisata Gunung Kidul yang akan dipaparkan adalah melakukan cave tubing di Goa Pindul dan River Tubing di Sungai Oya. Kedua tempat ini berada di Desa Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

How to reach to Goa Pindul?

Berdasarkan browsing dari situs resmi goa pindul (www.goapindul.com), untuk menempuh lokasi ini dari Yogyakarta, anda dapat mengikuti rute ini. Dari Yogyakarta – Jalan Raya Wonosari – Piyungan – Bukit Patuk – Hutan Bunder – Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) – Lapangan Gading – Pertigaan lampu merah ambil jalan ke kiri (lurus) – Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari  ambil menuju kota Wonosari) – Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur ditengahnya) ambil arah ke kiri – Ikuti jalan aspal yang lebar (ada pertigaan belokan ambil kanan) – lurus hingga lampu merah – Perempatan lampu merah lurus – Ada pertigaan yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo belok kiri – Ikuti jalan aspal terus hingga sampai lokasi yang banyak terdapat tulisan Pindhul/Pindul. Kami memutuskan untuk menginap di rumah warga atau homestay selama kami berada di gunung kidul dan pacitan. Jadi jangan ragu bila anda ingin menginap di kawasan goa pindul ini.

CAVE TUBING DI GOA PINDUL

Sekitar pukul 07.00 pagi, kami memulai aktivitas cave tubing di Goa Pindul. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok dimana satu kelompok terdiri dari 10 orang dan 1 pemandu wisata. Sebelum memulai cave tubing, setiap pengunjung harus memakai jaket pelampung dan sepatu karet serta mengambil ban dalam sebagai syarat untuk melakukan cave tubing di Goa Pindul. Sang pemandu wisata akan menjelaskan tata tertib yang berlaku di Goa Pindul dan akan memimpin doa untuk meminta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa perlu dilakukan agar kegiatan yang berlangsung berjalan dengan aman dan lancar.

SAM_2371

Setelah selesai memanjatkan doa, barulah dimulai petualangan cave tubing di Goa Pindul. Anda harus berhati-hati saat mulai menaiki ban dalam ini. Ada teknik tersendiri untuk anda menaikinya. Jatuhkan ban dalam anda ke sungai, lalu hadap belakang dan jatuhkan perlahan tubuh anda ke ban dalam tersebut. Setelah seluruh peserta dalam satu kelompok duduk di atas ban dalam, seluruh peserta diwajibkan saling memegang ban dalam peserta lainnya dengan erat dan pemandu wisata akan menarik ban dalam salah satu peserta untuk bergerak menyusuri Goa Pindul. Janganlah takut untuk mencoba karena pemandu wisata sudah terlatih untuk hal ini, yang paling penting anda harus mematuhi seluruh tata tertib yang berlaku dan tetap selalu waspada.

SAM_2372

Berdasarkan situs resmi Goa Pindul (www.goapindul.com),  Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki 3 zona. zona terang, zona remang, dan zona gelap. waktu tempuh sekitar 45 menit.

SAM_2374
Bila anda masih belum dapat memahami apa itu cave tubing dan adakah perbedaannya dengan rafting, saya akan mencoba memaparkannya sejenak. Sebenarnya cave tubing tidak jauh berbeda dengan rafting. Cave tubing adalah kegiatan menyusuri gua menggunakan ban dalam sedangkan rafting (arung jeram) adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu. Aliran air di Gua Pindul ini tergolong tenang sehingga cave tubing di Gua Pindul dapat dilakukan oleh siapa saja baik pemula maupun anak kecil. Walaupun tenang, tetap kita harus waspada terutama bila membawa anak kecil.

SAM_2380

Ditengah Gua, ada sebuah ruangan yang agak besar, dengan lubang diatasnya yang warga setempat menyebut sumur terbalik, sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah. Lubang diatas gua inilah dimana seringkali  digunakan sebagai jalan masuk vertikal oleh anggota TIM SAR atau latihan. Di tempat ini, anda dapat berhenti sejenak dan rasakan terjun dari ketinggian kurang lebih 10 meter. Pengalaman yang cukup menarik merasakan cave tubing di sumur terbalik ini. Di saat memandang ke atas, merasakan sinar matahari manyisir masuk melalui sumur terbalik. Sensasi yang sangat menyegarkan hati dan pikiran, sangat indah. Baru pertama kali saya melakukan cave tubing terutama melihat tempat sumur terbalik. Area sumur terbalik ini masih berada dalam bagian zona terang.
Di saat anda menyusuri Goa Pindul ini, anda akan menemukan sebuah stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa(Soko Guru). Stalaktit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan stalaktit terbesar peringkat empat di dunia. Selain itu, terdapat juga stalagtit yang menyerupai “putting susu” yg masih aktif dimana konon bisa bikin cantik n’ awet muda. Bagi anda para lelelaki yang ingin menambah vitalitas, ada juga stalagtit yang menyerupai “penis” seorang pria dimana menurut kepercayaan warga sekitar apabila anda memegangnya, anda akan memiliki vitalitas yang bugar. Di dalam goa, terdapat mata kristal Kelelawar bergelantungan menghiasi lorong goa. Selain itu, terdapat tirai yang tersusun dari tetesan air di dinding Goa.
 Setelah anda keluar dari Goa Pindul, janganlah anda lupa untuk mengambil beberapa gambar di pintu keluar bersama rekan-rekan anda.
SAM_2394
RIVER TUBING SUNGAI OYA
Setelah menikmati cave tubing, anda dapat melanjutkan wisata anda dengan melakukan river tubing di sungai oya. Anda akan dibawa dengan menggunakan sarana mobil tipe L-300 untuk membawa perlengkapan ban dalam dan peserta menuju sungai oya. Sungai oya untuk river tubing ini memiliki panjang 1500 m dengan durasi 1 – 2 jam jika diarungi. Sepanjang aliran sungai terdapat tebing-tebing yg indah dan alami khas batuan karst Gunung Kidul. Disana kita bisa menikmati keindahan aliran sungai Oya dengan menggunakan ban dalam, seperti halnya di goa pindul. Dengan ditemani pemandu dan peralatan yang membuat kita aman dan nyaman maka tak perlu takut untuk mengarungi sungai dengan kedalaman 7 – 11 meter ini. Pertama-tama anda harus saling bekerja sama terlebih dahulu untuk menyeberangi aliran sungai beserta perlengkapan ban dalam yang digunakan.
SAM_2397
Setelah itu, anda akan dibagi menjadi satu kelompok beranggotakan dua-tiga orang terlebih dahulu, mungkin untuk memudahkan dalam menyusuri sungai oya bagian awal dikarenakan aliran sungai tergolong sedang dan berbatu. Setelah melewati aliran sungai sedang tersebut, aliran sungai oya kembali tenang dan anda dapat saling berpegangan dalam satu kelompok utuh kembali.
SAM_2399
Anda disarankan berhenti sebentar saat anda melewati air terjun yang terdapat di sungai Oya. Disana anda bisa beristirahat sejenak menikmati alam yang terdapat di sekitar sungai oya sambil mengabadikan gambar melalui kamera yang anda bawa. Namun pastikan bahwa kamera yang anda bawa terlindung sehingga tidak akan rusak apabila terkena air. Di air terjun ini, anda juga bisa meloncat dari pinggir tebing yang ada di sungai oya, tentu saja bagi yang memiliki nyali yang besar, cocok buat yang suka tantangan.
SAM_2404
Berdasarkan situs resmi goa pindul, pada musim kemarau air bisa tenang, sehingga bisa membuat kita relax. Dan ketika debit air bisa banyak (di waktu musim hujan) maka anda bisa merasakan arus yang lumayan deras namun aman. Wisata ini cocok untuk anda berombongan maupun hanya berduaan dengan pasangan. Rasakan kebersamaan dan romantisme sungai oya.
Setelah selesai melakukan river tubing, anda akan kembali ke bangunan aula goa pindul. Bersihkan badan anda di tempat ini terlebih dahulu. Pihak pengelola goa pindul menyediakan wedang jahe hangat yang dapat diminum setelah anda habis berbasah-basahan dari cave tubing di Goa Pindul dan river tubing di sungai oya.
COST EXPENSES FOR CAVE TUBING AND RIVER TUBING
Untuk merasakan sensasi cave tubing di Goa Pindul, anda dikenakan biaya sekitar Rp 35.000 / orang dan river tubing di sungai oya sekitar Rp 45.000 / orang.
Biaya yang dikenakan sudah termasuk :
1.       Jasa pemandu
2.       Perlengkapan ( ban pelampung, jaket pelampung,sepatu karet )
3.       Transportasi
4.       Asuransi

Untuk informasi lebih lengkap, anda dapat mengunjungi situs resmi goa pindul di www.goapindul.com.

Nomor Kontak : 0812 2944 9004 ; 0857 2954 3819 ; 0877 9104 880

pin bb: 2237e835
Jadi untuk anda yang ingin mencoba cave tubing dan river tubing pertama kali namun takut akan arus sungai atau ketakutan lainnya, janganlah anda khawatir. Datang saja ke cave tubing di Goa Pindul dan River Tubing di sungai oya karena anda akan menikmati sensasi cave tubing dan river tubing yang tak terlupakan tanpa ada rasa ketakutan berlebih.
Advertisements
Comments
  1. Goa pindul says:

    Terimakasih atas kunjungannya, kami tunggu kunjungan selanjutnya…:)

    • jefrihutagalung says:

      Ya, semoga dapat kembali mengunjungi goa pindul. Terima kasih juga untuk wedang jahe yang disediakan setelah bermain air di sungai oya. Sangat menghangatkan, minuman tradisional namun sangat pas diminum setelah berbasah ria. Sukses untuk goa pindul

  2. Saya sangat senang membaca artikel ini. Apalagi jika nanti saya dapat berlibur ke sini

    • jefrihutagalung says:

      Hmm, menarik juga Bali Ubud Camp.. Dapat info baru juga ini kalau di Bali juga ada tubing ayung river.. Smoga next time saat berkunjung ke Bali dapat merasakan Bali River Tubing Adventures – Ayung River

  3. goa pindul says:

    Artikelnya menarik, terimakasih sudah berkunjung.

  4. […] Cave tubing di goa pindul dan river tubing di sungai oya […]

  5. haryono says:

    mantap goa pindulnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s