MENYEBERANGI DANAU TOBA MENUJU PULAU SAMOSIR VIA PELABUHAN AJIBATA, PARAPAT (SAMOSIR ISLAND PART 2)

Posted: February 17, 2014 in News n Funs
Tags: , , ,

Pulau Samosir merupakan salah satu destinasi wisata Provinsi Sumatera Utara yang terletak di Kabupaten Samosir. Pulau Samosir sendiri terletak di tengah Danau Toba. Pada bulan November 2013, saya berkesempatan melakukan perjalanan ke Pulau Samosir bersama saudara dari Medan di hari terakhir perjalanan saya pulang dari kampung halaman.

MENYEBERANGI DANAU TOBA MENUJU PULAU SAMOSIR

Untuk menuju Pulau Samosir, terdapat dua jalan alternatif yang dapat anda tempuh, yaitu menyebrang dengan feri dari Parapat atau melewati Pangururan. Bila anda ingin pergi ke Pulau Samosir dari Parapat menyeberang Danau Toba, anda dapat mengambil jalan dari Medan – Lubuk Pakam – Perbaungan – Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Parapat – Tomok (Pulau Samosir). Bila anda ingin melewati jalan darat melalui Pangururan, anda dapat mengambil jalan Medan – Kabanjahe – Dairi – Pangururan – Tomok (Pulau Samosir).

Pelabuhan Ajibata, Parapat
Dari Medan, kami sendiri menyewa / charter mobil menuju Pulau Samosir untuk memudahkan perjalanan dengan melewati jalan ke arah Pematang Siantar, lalu ke Parapat. Di Parapat, kami berhenti di Pelabuhan Aji Bata untuk menyeberang dengan menggunakan kapal Feri menuju Pelabuhan Tomok. Dari Medan, kami berangkat pukul 00.30 WIB dan sampai di Parapat sekitar pukul 05.45 WIB. Kami pun harus menunggu jadwal penyeberangan Feri pertama yang baru beroperasi pada pukul 08.30 WIB. Sekedar informasi, apabila anda tidak membawa kendaraan pribadi, anda juga dapat menyeberang ke Pulau Samosir dari pelabuhan rakyat Tiga Raja. Selain itu, ada beberapa tempat penyeberangan lainnya menuju Pulau Samosir, namun biasanya feri tersebut merupakan feri charter dimana tidak akan berangkat sebelum penuh. Walaupun begitu, feri charter ini memiliki keunggulan dimana akan mengantarkan ke lokasi Batu Gantung terlebih dahulu.

Jadwal Penyeberangan Pelabuhan Ajibata Menuju Pulau Samosir (Pelabuhan Tomok)

Penyeberangan feri dari dan menuju Pelabuhan Ajibata ke Pulau Samosir (Pelabuhan Tomok) dilakukan dengan menggunakan kapal feri KMP Tao Toba I dan KMP Tao Toba II. Namun pada hari-hari biasa yang paling sering dipergunakan adalah KMP Tao Toba II. Sedangkan KMP Tao Toba I hanya difungsikan pada saat-saat tertentu (biasanya pada saat membludaknya antrian kendaraan yang ingin menyeberang) seperti pada hari libur nasional Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, dan hari libur nasional lainnya.

Sambil menunggu penyeberangan pertama feri dari Pelabuhan Aji Bata, kami sempat mengisi perut kami di warung dekat Pelabuhan Aji Bata dan tidak lupa kami melakukan beberapa pengambilan gambar untuk dokumentasi dari keberadaan kami di Pelabuhan Aji Bata. Anda pun dapat melakukan hal serupa.

Pelabuhan Ajibata part 2Pelabuhan Aji Bata, Parapat

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya merapatlah KMP Tao Toba II yang akan mengantarkan kami menuju Pelabuhan Tomok sekitar pukul 08.30. Pada waktu itu, situasi Pelabuhan Ajibata sendiri telah cukup ramai dengan berbagai kendaraan truk yang ingin membawa barang-barang kebutuhan dan wisatawan yang menggunakan mobil pribadi. Untuk menyeberang menuju Pelabuhan Tomok dibutuhkan waktu sekitar 1 jam. Waktu yang cukup panjang untuk menikmati pemandangan Danau Toba dari kapal Feri. Di dalam kapal feri KMP Tao Toba II sendiri ada berbagai penjual yang menjajakan makanan ringan seperti kacang rebus, mie cup instan, dan penganan lainnya.

Sebagai tambahan, berikut merupakan tayangan visual penyeberangan feri dari Pelabuhan Ajibata menuju Pelabuhan Tomok yang saya dapatkan dari youtube.com dengan akun atas nama M. Sahidin

Advertisements
Comments
  1. Trikora says:

    Mari rapatkan barisan untuk Kab, Simalungun lebih baik…
    http://bonapetruspurba.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s