GELANGGANG OLAH RAGA KUDUNGGA / STADION AJI IMBUT, TENGGARONG – MARKAS MITRA KUKAR

Posted: April 13, 2014 in News n Funs
Tags: , , ,

Tak terasa sudah dua setengah tahun saya bekerja di Kabupaten Kutai Kartanegara. Namun selama dua setengah tahun tersebut, saya belum sekalipun singgah untuk melihat Gelanggang Olah Raga Kudungga atau yang sekarang biasa disebut dengan Stadion Aji Imbut. Stadion Aji Imbut merupakan markas dari tim sepakbola ISL, Mitra Kukar.

 

Desain Stadion Aji Imbut

SEJARAH STADION AJI IMBUT, TENGGARONG

Stadion Madya Aji Imbut terletak di Desa Perjiwa, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara. Stadion ini sempat populer dengan sebutan Stadion Kudungga, nama awal yang diusulkan oleh Ketua Umum Mitra Kukar saat kompetisi 2008/2009. Nama Aji Imbut yang merupakan pendiri kota Tenggarong (dulu tenggarong bernama tepian pandan dengan hari lahir kota tenggarong pada 28 September 1782) baru resmi digunakan sebagai nama stadion ini setelah diresmikan Gubernur Kalimantan Timur, H. Awang Faroek Ishak pada 28 Maret 2011 saat Mitra Kukar menjamu Persikota Tangerang dalam lanjutan Divisi Utama Liga Indonesia Kompetisi 2009/2010. Aji Imbut senidir merupakan raja kelima belas Kerajaan Kutai Kartanegara dengan gelar Sultan Aji Muhammad Muslihuddin (1780-1816). Sebelum menjadi kandang Mitra Kukar, pada mulanya stadion ini dibangun  untuk pelaksanaan PON XVII tahun 2008 di Kalimantan Timur.

 

SEKILAS MENGENAI STADION AJI IMBUT, TENGGARONG

Stadion Aji Imbut, Tenggarong

Nama Stadion : Gelanggang Olah Raga Aji Imbut / Stadion Aji Imbut / Stadion Kudungga

Lokasi : Desa Perjiwa, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara

Pemilik : PemProv Kalimantan Timur

Masa konstruksi : 2005 – 2008

Biaya Konstruksi : 899 Milyar

Pembukaan : 18 Juni 2008

Luas Lahan : 4.2 Hektar

Luas Bangunan : 32.000 m2

Kapasitas Stadion : 35.000 penonton

Permukaan Lapangan : Rumput

Markas Klub Sepakbola : Mitra Kukar

Fasilitas Olah Raga : lapangan sepak bola, gedung velodrome tertutup, gedung beladiri, arena equistrian (berkuda), stadion panahan, arena sepeda BMX, asrama atlet serta dilengkapi jaringan infrastruktur

 

STADION AJI IMBUT, LOKASI PAS UNTUK BERBURU FOTO

Untuk anda yang berada di tenggarong, samarinda, dan kota sekitar lainnya, Stadion Aji Imbut menawarkan berbagai spot menarik untuk hunting foto menarik. Pada tanggal 09 April 2014, akhirnya saya pun dapat menginjakan kaki saya di kompleks Gelanggang Olah Raga Aji Imbut untuk pertama kalinya, setelah selama beberapa kali berkunjung ke Tenggarong tidak sempat singgah di Stadion kebanggan masyarakat Kutai Kartanegara, khususnya pendukung Mitra Kukar. Kesempatan tersebut tidak saya sia-siakan untuk mengabadikan stadion ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan menampilkan beberapa foto yang diambil dalam kunjungan saya beserta beberapa teman saya di Stadion markas Mitra Kukar ini.

Stadion Aji Imbut part 4

Stadion Aji Imbut part 1

Stadion Aji Imbut Part 2

Stadion Aji Imbut Part 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s