PULAU KUMALA, DESTINASI WISATA KUTAI KARTANEGARA DI KALIMANTAN TIMUR YANG KURANG DIPERHATIKAN

Posted: April 24, 2014 in News n Funs
Tags: , , , , ,

Apa yang terlintas di benak anda bila mendengar nama Pulau Kumala? Bila anda berada di daerah Kutai Kartanegara, Samarinda, dan sekitarnya, mungkin nama Pulau Kumala sudah tidak asing lagi di telinga anda. Namun apakah anda tahu tempat seperti apakah Pulau Kumala itu? Pada tanggal 09 April 2014, saya beserta beberapa kawan saya, menyempati berkunjung ke salah satu objek wisata di Tenggarong ini.

Gerbang Pulau Kumala

Asal Usul / Cerita Awal Pulau Kumala

Pulau Kumala merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Tenggarong, Ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara. Sebenarnya Pulau Kumala merupakan daerah delta sungai mahakam yang berada di Tenggarong. Pada awalnya, pulau seluas 85 hektar ini merupakan sedimentasi lumpur yang membentuk tanah. Pulau ini unik karena tampak seperti perahu di tengah sungai. Sebelum berubah menjadi sebuah tempat rekreasi modern, Kumala adalah sebuah tempat untuk ratusan bekantan (Nasalis Larvatus) dan berbagai jenis reptil liar Kalimantan. Pada tahun 2000, Pulau Kumala mulai dibangun dan dijadikan destinasi wisata. Pada tahun 2002, bertepatan dengan Festival Erau, Pulau Kumala dibuka pada zaman bupati Syaukani HR

How To Get There?

Untuk menuju Pulau Kumala dapat anda tempuh dengan dua jalur berbeda. Rute pertama, bagi anda memulai perjalanan dari kota Bontang, Samarinda, dan sekitarnya, anda dapat menuju Jalan Antasari, Samarinda dan terus menelusuri jalan ini sampai menuju Tenggarong Seberang. Setelah itu, anda harus menyebrang ke Tenggarong, baik menggunakan Kapal Penyebrangan gratis atau perahu penyebrangan kendaraan yang dikenakan biaya Rp 20.000 untuk mengangkut kendaraan roda empat anda melintasi sungai mahakam. Bila anda berlabuh dengan kapal berbayar, anda akan berlabuh di dermaga yang berada di Jalan Diponegoro, Tenggarong, setelah itu, anda dapat meneruskan perjalanan anda menuju tempat penyebrangan menuju Pulau Kumala, kurang lebih 5-10 menit perjalanan. Total waktu yang ditempuh bila melewati Jalan Antasari, Samarinda, diperlukan waktu sekitar 45 menit menuju Tenggarong Seberang. Rute kedua, bagi anda yang memulai perjalanan dari Balikpapan, Samboja, dan Loa Janan, anda dapat pergi menuju Jl. Soekarno-Hatta (jalan poros Balikpapan-Samarinda), sampai pertigaan loa duri (KM O Loa Janan), anda dapat mengambil arah kiri menuju Loa Duri, lalu Loa Kulu, dan kemudian Tenggarong. Setelah sampai Tenggarong, ambil jalan lurus menuju pusat kota Tenggarong. Tempat penyebrangan Pulau Kumala berada di sebelah kanan, tidak jauh dari Masjid Hijau yang berada di tepi Sungai Mahakam. Total waktu yang ditempuh bila anda dari Balikpapan dan sekitar 3 jam menuju Tenggarong.

Tempat Penyebrangan Pulau Kumala

Gerbang Tempat Penyebrangan Pulau Kumala

Gerbang Tempat Penyebrangan Pulau Kumala

Setelah sampai area gerbang penyebrangan menuju Pulau Kumala, segera parkirkan kendaraan anda di tempat parkir yang telah disediakan. Tempat parkir mobil berada di samping dari gerbang, tersedia cukup luas sedangkan parkir motor dapat anda titip saat masuk gerbang tempat penyebrangan. Untuk menyebrang ke Pulau Kumala, anda dapat menaiki Long Boat atau ketingting besar dengan biaya sekitar Rp 6.000 / orang atau Rp 30.000 / kapal (5 orang).

Menyebrang ke Pulau Kumala

Long Boat Menyebrang ke Pulau Kumala

Wahana dan Fasilitas di Pulau Kumala

Bila anda mulai mendekati tempat sandar Pulau Kumala, dari kejauhan anda akan mulai melihat gerbang Selamat Datang Rekreasi Kumala Fantasy Island.

In Action @Gerbang Pulau Kumala

Tidak jauh dari gerbang selamat datang tersebut, anda akan melihat pintu masuk dan loket pembelian tiket masuk Pulau Kumala. Saat saya berserta kawan-kawan saya, harga tiket masuk sebesar Rp 20.000 / orang. Sayangnya saat kami datang, tidak ada wahana yang buka /ready. Jadi kami hanya berkeliling menggunakan mobil wisata.

Tempat Pembelian Tiket Masuk Pulau Kumala

Tempat Pembelian Tiket Masuk Pulau Kumala

Mobil wisata? Mungkin anda cukup kaget mendengarnya. Ya, di Pulau Kumala disediakan mobil wisata untuk berkeliling Pulau Fantasi ini. Harga masuk diatas, sudah termasuk dengan mobil wisata yang mengantarkan anda berkeliling pulau.

Mobil Wisata Pulau Kumala

Mobil Wisata Pulau Kumala

Pertama, kami diantar ke Area Penginapan / Villa yang ada di Pulau Kumala. Nama villa tersebut adalah DJS Resort. Resort ini memiliki kolam renang, cottage, dan sarana lainnya bagi yang ingin beristirahat di pulau. Harga untuk menginap di resort ini berdasarkan informasi yang saya dapatkan adalah Rp 450.000 / malam untuk penyewaan 1 cottage yang didalamnya terdapat 2 kamar. Sayangnya, resort ini tidak dikelola dengan baik, mungkin sejalan dengan kondisi Pulau Kumala yang juga kurang terawat dan mulai ditinggalkan wisatawan / pengunjung. kondisi kolam renangnya sudah berlumut dan airnya keruh, terlihat tidak dibersihkan. Kondisi danau kecil dan permainan kapal angsa juga tidak terawat.

Villa Pulau Kumala

DJS Resort, Pulau Kumala

 

Selanjutnya, kami menuju Patung Lembuswana yang terletak di ujung Pulau Kumala ini. Sejarah dari patung lembuswana yang berada di Pulau Kumala ini adalah patung yang dibuat di Kentolan Kidul, Guwosari, Panjangan Bantul, Yogyakarta selama enam bulan pada tahun 2010. Patung Lembuswana berbahan perunggu dengan tinggi sekitar 13 meter dan berat 29 Ton dengan 27 orang seniman patung yang berkolaborasi membuat patung lembuswana ini.

Patung Lembuswana, Ikon Pulau Kumala

Patung Lembuswana, Ikon Pulau Kumala

Di area patung lembuswana ini, juga tampak tidak terawatnya area pulau kumala. Bangunan tempat berdirinya patung terlihat berantakan. Area kolam mancur depan patung juga tidak terawat dan terlihat kotor. Kolam mancur itu pun tidak difungsikan.

Kondisi Bangunan Patung Lembuswana

Destinasi selanjutnya adalah Pura Pasak. Namun sebelum memasuki pura pasak, anda akan melewati 3 buah bangunan Rumah Lamin, yang merupakan rumah adat suku dayak. Bahan utama bangunan rumah adat Lamin adalah kayu ulin atau banyak orang yang menyebutnya sebagai kayu besi. Disebut kayu besi karena memang jenis kayu tersebut adalah kayu yang sangat kuat. Bahkan banyak orang mengatakan jika kayu ulin terkena air maka justru tingkat kekuatannya akan semakin keras. Mungkin hal inilah yang membuat banyak orang yang membangun rumah di atas dataran rawa atau pinggiran sungai namun tahan lama umur bangunannya. Selain bangunan, totem-totem yang ada di bagian depan Lamin juga terbuat dari bahan kayu ulin.

Rumah Adat Dayak (Rumah Lamin), Pulau Kumala

Pura Pasak merupakan dibangun untuk menghargai penganut hindu yang berada di wilaya Kabupaten Kutai Kartanegara. Mungkin tidak seberapa penganut Hindu di Kabupaten ini, namun bila menilik dari sejarah, Kerajaan Kutai, merupakan kerajaan pertama di Indonesia yang menganut agama Hindu. Di pura ini, anda akan melihat dua buah patung lembuswana di kiri kanan dan patung lembuswana yang berada di tengah. Setelah melewati patung lembuswana, anda akan melihat gerbang pura yang menyerupai pura di Bali. Melewati gerbang pura tersebut, anda akan melihat singgasana, seperti singgasana Raja Kutai, yang berada di bagian paling ujung dari pura.

Patung 2 Lembuswana, Pura Pasak, Pulau Kumala

Patung 2 Lembuswana, Pura Pasak, Pulau Kumala

Patung Lembuswana, Candi Pulau Kumala

Patung Lembuswana, Candi Pulau Kumala

Foto Pura Pasak Pulau Kumala

Foto Pura Pasak Pulau Kumala

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sewaktu saya beserta kawan saya mengunjungi tempat ini, Sky Tower, kereta gantung, dan mini train tidak dibuka sehingga kami tidak dapat melihat Tenggarong dari atas karena Sky Tower dan Kereta Gantung dalam tahap perbaikan, sedangkan mini train tidak dapat digunakan karena area track jalur kereta banyak ditutupi rumput liar dan masih dibersihkan. Mungkin hal ini dilakukan untuk menyambut Festival Erau di Kabupaten Kutai Kartanegara yang akan diadakan pada tanggal 15-22 Juni 2014.

Berdasarkan situs Kabupaten Kutai Kartanegara, berikut ini merupakan berbagai harga masuk wahana yang berada di Pulau Kumala.

1. Sky Tower setinggi 75 Meter
Tarif (Ticket Fee)
Dewasa : Rp. 7.500,-
Anak-anak : Rp. 5.000,-

2. Mini Train
Tarif (Ticket Fee)
Dewasa : Rp. 5.000,-
Anak-anak : Rp. 2.500,-

3. Merry Go Round
Tarif (Ticket Fee)
Dewasa : Rp. 5.000,-
Anak-anak : Rp. 2.500,-

4. Mobil Angkutan Wisata
Tarif (Ticket Fee) :
Dewasa : Rp. 1.000,-
Anak-anak : Rp. 1.000,-

5. Kereta Gantung (Cable car)
Tarif (Ticket Fee)
Dewasa : Rp. 7.500,-
Anak-anak : Rp. 5.000,-

6. Arena permainan
Tarif (Ticket Fee)
Dewasa : Rp. 5.000,-
Anak-anak : Rp. 2.500,-

7. Trampolin
Tarif (Ticket Fee)
Dewasa : Rp. 7.500,-
Anak-anak : Rp. 5.000,-

Investasi besar yang telah dibuat, dibiarkan begitu saja. El John yang semula mengelola tempat ini pun mangkrak karena tidak sanggup membayar biaya tahunan Rp 500 juta ke PemKab KuKar sehingga sejak 2007, Pulau Kumala diambil alih PemKab. Pulau ini memiliki konsep yang unik dan menarik, namun sayangnya karena kurang perawatan, Pulau Kumala mulai kurang peminatnya. Padahal, Pulau Kumala memiliki potensi yang besar dan dapat disandingkan dengan Taman Mini Indonesia Indah ataupun Ancol yang berada di Jakarta. Investasi awal yang besar yang telah ditanamkan oleh PemKab KuKar ini, sangat disayangkan bila tidak dirawat dan dijaga dengan baik. Kondisi fasilitasnya sudah sangat memprihatinkan. DJS Resort tampat bak villa tak berpenghuni dan kotor serta horor, mobil wisata hanya tersisa satu unit, sky tower tidak dapat difungsikan, banyak ilalang yang tidak sedap dipandang, Rumah Lamin dan tempat souvenir pun tak difungsikan kembali dan terlihat tak terawat. Menurut saya, bila pemkab kukar serius menangani wisata di wilayahnya, pulau kumala perlulah diperhatikan dengan seksama. Pulau Kumala memiliki potensi luar biasa untuk dijadikan ikon pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara, disamping Museum Mulawarman dan Waduk Sukarame

Situs Mengenai Pulau Kumala

1. Wonderful Indonesia : http://www.indonesia.travel/id/destination/105/taman-rekreasi-pulau-kumala

2. Kab Kutai Kartanegara : http://www.kutaikartanegarakab.go.id/index.php/S=0/tourism/taman_wisata_pulau_kumala

 

Comments
  1. WISATA UNIK says:

    postingan yg bermanfaat..
    info2nya sangat berguna untuk para wisatawan 😀
    Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari Sumatera Barat, kunjungi kami di Minangkabau Tours
    Terima kasih….

  2. ikhsangouse says:

    info yang bermanfaat.
    kunjungi kami wisata di ranah minang Sumatra Barat ya. lihat dan pilih paketnya.

  3. babyjess says:

    Cuma mau ngasih tau aja nih ya, ada yg salah di artikelnya.
    Kalo wisatawan yg dari samarinda, bontang dan sekitarnya untuk ke tenggarong bukan lewat jl. Antasari tapi lewat jl. P. Suryanata. Selebihnya artikelnya bagus.

    • jefrihutagalung says:

      Terima kasih atas masukkannya, kalau kemarin saya ambil jl. antasari, lurus terus sampai menuju tenggarong, saya tidak tahu setelah antasari itu jalan apa saja. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s