SANGALAKI, MELIHAT PENYU HIJAU DAN PARI MANTA DARI DEKAT

Posted: August 19, 2014 in News n Funs
Tags: , , , , ,

Pulau Sangalaki

Ketentuan di Pulau SangalakiPulau Sangalaki adalah tujuan pertama rombongan setelah semalam menginap di Pulau Derawan. Sangalaki adalah salah satu pulau dari 31 pulau yang termasuk ke dalam Kepulauan Derawan. Pulau Sangalaki memiliki luas sekitar 15.9 Ha dengan bentang pantai yang cenderung datar. Bila anda ingin mengelilingi pulau ini, hanya dibutuhkan waktu 30 menit untuk menikmati jernihnya air laut dengan gradasi warna menawan, pasir pantai berwarna putih dan bergradasi kasar dengan berbagai satwa liar yang terdapat didalamnya seperti biawak, elang bondol, dan berbagai jenis burung. Perlu diingatkan selama kunjungan di Pulau Sangalaki untuk mematuhi beberapa peraturan yang berlaku seperti tidak membuang sampah di pantai dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

Sangalaki Manta ParadisePulau Sangalaki tergolong sangat sepi dan tenang, berbeda dengan Pulau Derawan dan Pulau Maratua yang sudah ramai dengan berbagai resort dan tempat penginapan serta pemukiman warga. Namun di area Pulau Sangalaki ini terdapat sebuah resort yang dapat dijadikan tempat menginap. Sangalaki Dive Lodge Resort yang dikelola oleh PT. Sangalaki Manta Paradise memiliki 12 cottage, kafetaria, dan kios cinderamata dimana harga sewa cottage per malam adalah US$ 50 atau sekitar Rp 500.000 / malam. Didalam cottage terdapat dua buah tempat tidur dan kamar mandi dengan view cottage mengarah ke pantai pasir putih khas Pulau Sangalaki.

Pulau Sangalaki, Tempat Konservasi Penyu Hijau
Tukik di Pulau SangalakiPulau Sangalaki terkenal dengan konservasi penyu hijaunya. Berdasarkan informasi yang didapatkan bahwa setiap malam sepanjang tahun, terdapat 10-30 ekor penyu bersarang di Pulau Sangalaki. Pada malam hari, banyak ditemukan penyu yang naik ke darat untuk bertelur. LSM Turtle Foundation mengawasi setiap aktivitas ini dimana para petugas akan memindahkan telur yang letaknya terlalu dekat dengan laut ke tempat penetasan telur penyu semi alami. Sayangnya saat rombongan datang kesana, saat pagi hari sehingga tidak ditemukan aktivitas penyu hijau yang sedang bertelur. Namun hal tersebut sedikit terobati dengan beberapa ekor tukik yang ditempatkan oleh petugas untuk dilihat oleh wisatawan. Dengan sigap, seorang demi seorang dari rombongan memegang dan berfoto bersama anak penyu yang mungil tersebut. Seorang petugas jaga dengan siaga memperhatikan setiap tingkah wisatawan dan memberikan penjelasan mengenai penyu hijau serta menjawab segala pertanyaan yang dilontarkan oleh wisatawan. Ternyata, seekor tukik yang baru menetas itu tidak perlu diberikan makan karena seekor tukik menyimpan cadangan makanan yang berada di perutnya sebelum tukik-tukik tersebut dilepas ke alam bebas. Pelepasan tukik-tukik itu pun sebenarnya cenderung dilakukan pada malam hari dengan tujuan menghindari predator sehingga tukik-tukik tersebut memiliki kesempatan bertahan hidup lebih besar.

Rindangnya Pohon Kelapa Pulau SangalakiAction di Pulau Sangalaki

Surga Bawah Laut Menawan Pulau Sangalaki

Jernihnya Air Pulau SangalakiSnorkling di Pulau Sangalaki

Setelah asik berfoto dengan tukik, rombongan pun diajak ke spot snorkling untuk melihat keindahan bawah laut di sekitar Pulau Sangalaki. Dari atas kapal, perairan laut yang jernih dapat membuat bayang-bayang dasar laut dengan terumbu karangnya tampak terlihat. Snorkling pun dimulai. Sebelum membenamkan diri ke air, tak lupa peralatan snorkling yang telah disewa dikenakan. Banyaknya spesies ikan dan terumbu karang tampak terlihat jelas. Air yang sangat jernih memudahkan penglihatan untuk memandang keindahan bawah laut di depan mata. Sayangnya rombongan tidak menemukan pari manta di spot ini. Hal ini cukup membuat saya kecewa. Namun kekecewaan itu bukanlah hal yang tampak besar karena setidaknya keindahan bawah laut yang terpampang jelas sejauh mata memandang yang tampak begitu luar biasa. Berbekal kamera underwater yang dibawa, dengan semangat membara rombongan mendokumentasikan keindahan bawah laut yang terlihat dan melakukan berbagai gaya untuk menandakan kehadiran kawan-kawan di pulau ini.

Perairan Pulau SangalakiTerumbu Karang Pulau Sangalaki

Terasa waktu sangat singkat disini. Rombongan pun harus kembali naik ke kapal untuk melanjutkan perjalanan menikmati keindahan pulau lainnya yang berada di kawasan Kepulauan Derawan. Berharap dapat kembali berkunjung ke Pulau Sangalaki dan memiliki lebih banyak waktu menikmati keindahan bawah lautnya, melihat berbagai spesies terumbu karang dan ikan, dan tentunya pari manta yang menjadi buah bibir di Pulau Sangalaki ini. Wonderful Indonesia! Cintai Negerimu Sayangi Negerimu

Advertisements
Comments
  1. Indah bangat min pulau Sangalaki di Berau 🙂

    Bagi agan-agan yang ingin melihat Pulau Sangalaki dengan foto virtual. Bisa lihat di sini:

    http://indonesiavirtual.com/index.php?option=com_jumi&fileid=11&Itemid=109&id_img=736

    Salam Kenal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s