MARATUA, MENIKMATI SUNSET DAN KEINDAHAN BAWAH LAUT YANG MENAWAN

Posted: August 24, 2014 in News n Funs
Tags: , , , ,

Gerbang Masuk Pulau MaratuaMaratua merupakan salah satu dari 31 pulau dari Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau Maratua berada di Laut Sulawesi yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Filipina. Pulau yang memiliki luas sekitar 384 km2 ini, merupakan pulau berpenghuni seperti halnya pulau derawan. Berdasarkan informasi yang diterima, ada sekitar 3168 jiwa yang menghuni pulau eksotis ini. Pulau Maratua dibagi menjadi empat kampung, yaitu Kampung Tanjung Harapan, Teluk Alulu, Bohesilian, dan Payung-payung. Pulau Maratua memiliki dua objek atraksi yaitu atraksi wisata daratan dan atraksi wisata perairan. Untuk atraksi wisata daratan, anda dapat mengunjungi gua-gua (sambat, tangkapa, angkal-angkal, dll), hutan bakau (teluk pea, teluk alulu, dll), batu payung, dan berbagai spot pantai yang menarik. Atraksi wisata perairan terdiri dari spot terumbu karang (boat jetty, lumantang, light house, dll), spot berbagai ikan besar dan kecil (big fish country, leo’s point, second channel, dll), spot penyu (turtle parade,turtle point), spot manta, dan berbagai spot lainnya.

Spot Wisata Pulau Maratua dan Pulau Kakaban

Bibir Pantai Pulau MaratuaPulau Maratua adalah pulau terakhir yang dikunjungi rombongan di Kepulauan Derawan. Setelah sampai di dermaga Maratua, rombongan dengan siaga menaruh seluruh barang bawaan terlebih dahulu di homestay tempat menginap. Untuk tinggal di homestay, anda cukup mengeluarkan Rp150rb-Rp200rb/malam. Biaya yang tentunya cukup terjangkau. Spot selanjutnya adalah menikmati Maratua Paradise Resort. Untuk mencapai spot tersebut, rombongan harus menyewa motor dan menyusuri jalan di pulau maratua yang tidak lebar, hanya sekitar 3m, selama kurang lebih 15 menit.

Maratua Paradise ResortMaratua Paradise Resort merupakan resort yang dimiliki oleh warga negara berkebangsaan Malaysia. Resort ini memiliki dua jenis tempat untuk menginap yaitu water villa dan beach villa. Tarif per orang untuk dapat menginap di water villa adalah Rp 770.000/malam dan beach villa adalah Rp 605.000/malam. Tarif sewa tersebut sudah termasuk dengan makan tiga kali. Resort yang sangat menawan tentunya sesuai dengan tarif per malam yang menguras kantong. Namun bagi anda yang tidak memiliki masalah dengan hal tersebut, Maratua Paradise Resort merupakan tempat terbaik untuk menginap di Pulau Maratua. Namun bagi anda yang ingin backpacker dan lebih dekat dengan masyarakat lokal, silahkan menginap di homestay yang tarifnya lebih hemat di kantong.

Sunset Pulau Maratua           Sunset di Pulau Maratua

Sunset di Pulau MaratuaSang surya pun mulai terbenam. Menikmati sunset di Maratua Paradise Resort merupakan pemandangan yang begitu luar biasa indahnya. Resort yang berada diatas perairan pulau maratua tampak begitu indah dengan background tenggelamnya sang surya. Tenggelamnya sang surya membuat rombongan untuk segera kembali ke tempat menginap, membersihkan diri dan menyantap makan malam yang telah disediakan oleh sang tuan rumah. Malam pun dihabiskan di Maratua. Sebagian orang ada yang langsung tidur, sebagian orang lagi ada yang lari ke dermaga untuk mencari sinyal telekomunikasi. Tidak seperti di Derawan, sinyal telekomunikasi di sebagian wilayah Pulau Maratua tidaklah bagus karena jangkauan pemancar tidak menyeluruh pulau maratua.

 

Dermaga Pulau Maratua   Mengejar Penyu

Penyu di Samping Dermaga MaratuaPukul 06.00, saya dibangunkan oleh kawan untuk pergi menikmati pagi hari di dermaga. Sayang sang fajar sudah menyingsing. Namun menikmati pagi hari di dermaga mengobati hal tersebut. Dari dermaga, air laut yang sangat jernih membuat penyu di sekitar dermaga terlihat sangat jelas. Beberapa orang kawan berusaha untuk dapat menangkap penyu tersebut untuk dapat difoto, namun tak berhasil karena penyu-penyu tersebut sangat lihai, menjauh saat didekati. Sang surya pun semakin naik ke atas menerangi angkasa, kerumunan orang baik warga lokal dan wisatawan semakin banyak datang ke dermaga untuk menikmati keindahan yang ditawarkan.

Gerbang Masuk Pulau Maratua

Waktu pun menunjukkan pukul 08.00, kami harus segera kembali ke homestay untuk segera packing karena rombongan akan dijemput satu jam lagi oleh kapal motor yang mengantarkan rombongan selama berada di Kepulauan Derawan. Perjalanan ini pun harus segera berakhir seiring libur lebaran telah usai dan sebagian orang dalam rombongan ada yang sudah harus masuk bekerja shift malam. Liburan yang singkat namun sangat berkesan. Menikmati keindahan Kepulauan Derawan yang menawan. Semoga kelak di kemudian hari dapat kembali lagi kesini.

Comments
  1. Firqi Putra says:

    Indah sekali bro… Dinanti kunjungan baliknya
    kediribro.blogspot.com

  2. total kesana kira-kira berapa ya bang kalo tanpa tiket pesawat?

    • jefrihutagalung says:

      Kalau ikut eo wisata, biasa dipatok skitar 2jt keatas untuk 3d2n, dijemput di bandara kalimarau..
      tp kemarin aku bareng temen2, kelola sendiri, total habis 1jt, ala backpacker..
      Untuk estimasi biaya yg dibutuhkan, silahkan lihat posting saya lainnya mengenai kepulauan derawan

      • Oke, terimakasih ya bang buat info nya. Bulan ini saya ke sana ber 8 ala backpacker juga! semoga sesuai dengan anggaran ya bang. hehe terimakasih masukannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s