BIDUK-BIDUK, PESONA KEINDAHAN ALAM UJUNG TIMUR KABUPATEN BERAU, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Posted: November 7, 2014 in News n Funs
Tags: , , , , , , ,

Berau adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi kalimantan timur. Kabupaten Berau, memiliki luas sekitar 34.127 km2 dengan jumlah penduduk hanya 179.079 jiwa, beribukota di Tanjung Redeb. Saat kita mendengar Kabupaten Berau, yang terlintas di benak kita untuk daerah tujuan wisata, pastinya adalah Kepulauan Derawan (terdiri atas pulau derawan, pulau maratua, pulau sangalaki, dan pulau kakaban). Sesungguhnya, ada destinasi wisata lainnya yang patut dikunjungi saat anda berada di Berau. Kecamatan Biduk-Biduk adalah destinasi wisata lainnya yang patut dikunjungi.

Cara Menuju Kecamatan Biduk-Biduk

Bila anda dari luar Kabupaten Berau, anda dapat mengambil jalur udara menuju Bandara Kalimarau yang berada di Tanjung Redeb. Banyak maskapai yang bisa menjadi pilihan anda untuk sampai ke ibukota Kabupaten Berau ini. Mulai dari Wings Air, Kalstar, Sriwijaya, hingga Garuda Indonesia dengan pesawat jenis Bombardier-nya. Bila anda dari luar provinsi Kalimantan Timur, anda akan melakukan transit terlebih dahulu di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (dulu biasa disebut Bandara Sepinggan) yang berada di kota Balikpapan. Bagi anda yang berasal dari Jakarta, harga tiket yang ditawarkan bervariasi dengan berkisar antara 1,2juta – 2 juta, tergantung peak season dan maskapai yang anda pilih.

Bila anda memiliki waktu lebih luang dan ingin mengirit ongkos perjalanan, dari Balikpapan, anda bisa melalui perjalanan darat dengan menggunakan jasa travel menuju Tanjung Redeb. Biaya travel menuju Tanjung Redeb sekitar 350-400 ribu dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 15-18 jam.

Jarak antara Kecamatan Biduk-Biduk dengan Ibukota Tanjung Redeb adalah sekitar 250km dan bisa ditempuh melalui perjalanan daratĀ dengan waktu tempuh sekitar 6-8 jam. Dari Tanjung Redeb, anda bisa melalui jalur Sambaliung – Suaran – Tabalar – Biantan – Talisayan – Batu Putih – Biduk-biduk. Kondisi jalan menuju Biduk-Biduk sendiri tergolong cukup mulus dengan kontur perbukitan dan sedikit meliuk-liuk. Namun tidak semuanya mulus karena di beberapa titik, jalan berlubang sehingga tidak memungkinkan melaju dengan cepat. Sepanjang perjalanan, anda akan melewati hutan kalimantan dan area tanaman sawit yang sangat luas, dan bahkan melewati underpass dimana jalan bagian atasnya merupakan jalan hauling PT. Berau Coal. Biaya travel dari Tanjung Redeb – Biduk-biduk sekitar Rp 130-150 ribu.

Destinasi Wisata di Biduk-Biduk

Di Biduk-biduk, ada beberapa tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut merupakan sedikit ulasan dari destinasi wisata yang ada.

1. Labuan Cermin

Labuan Cermin merupakan suatu danau dua rasa yang terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau. Di danau Labuan Cermin, air tawar berada hanya sampai kedalaman 2 meter dari permukaan, sedangkan selebihnya merupakan air asin. Air di Labuan Cermin sendiri sangat jernih, bagaikan cermin, dengan dominasi warna hijau. Untuk sampai ke danau Labuan Cermin, dari dermaga penyebrangan, dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10-15 menit dengan biaya sewa sekitar 20.000/orang atau 100.000/kapal.

Labuan Cermin

2. Teluk Sulaiman (Snorkling di Pulau Kaniungan Besar – Kaniungan Kecil)

Keindahan bawah laut kaniungan besar dan kaniungan kecil mungkin tidak sebaik dengan gugusan pulau derawan, namun tetap saja, pulau kaniungan besar dan pulau kaniungan kecil memiliki nuansa indah tersendiri yang patut dikunjungi. Air yang sangat jernih dengan terumbu karang yang menawan merupakan suguhan yang memanjakan mata yang memandang.

P1010761

Foto oleh Didin

3. Air Terjun di Teluk Sumbang

Dari pinggir teluk sumbang menuju air terjun hanya memakan waktu 15 menit dengan berjalan kaki. Pemandangan air terjun yang ditawarkan sangat mempesona. Jangan sampai anda lewatkan menikmati keindahan air terjun yang menawan ini.

??????????

 

Foto oleh Alvin

Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Biduk-biduk untuk merasakan sensasi danau dua rasa (red: Labuan Cermin) sampai pemandangan air terjun yang menawan. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s