AIR TERJUN IDAMAN, PERJALANAN MENANTANG YANG TAK TERLUPAKAN DI BUMI ENGGANG, KABUPATEN BULUNGAN, PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Posted: June 14, 2015 in Uncategorized
Tags: , , ,

Di penghujung bulan Februari 2015, bersama teman sejawat, saya akhirnya menginjakan kaki saya di bumi enggang, kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Tujuan utama kami adalah menuju air terjun idaman. Informasi yang sangat minim mengenai letak air terjun idaman yang kami dapatkan, tidak menyulutkan semangat tim menuju ke sana. Namun, membuat tim semakin penasaran mengenai letak dan keindahan dari air terjun idaman.

Perjalanan kami mulai dari Tanjung Redeb, dengan menggunakan mobil salah satu kawan menuju kabupaten bulungan. Sebagai informasi, Kabupaten Bulungan termasuk dalam wilayah provinsi Kalimantan Utara. Pada tahun 1999, kabupaten Bulungan dimekarkan menjadi 4 kabupaten dan 1 kota, yaitu kabupaten Bulungan, kabupaten Malinau, kabupaten Nunukan, dan kota Tarakan. Tanjung Selor, ibukota Provinsi Kalimantan Utara, termasuk dalam bagian Kabupaten Bulungan. Belum terlihat adanya batas antara kota tanjung selor dengan kabupaten bulungan karena ibukota kabupaten bulungan adalah Tanjung Selor. Kalimantan Utara sendiri merupakan provinsi termuda di Indonesia, yang resmi berpisah dari Provinsi Kalimantan Timur, pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan UU No.20 Tahun 2012.

Jalan Masuk Menuju Air Terjun Idaman BulunganAir terjun idaman berada di KM 18 arah bulungan, jalan poros Tanjung Selor – Tanjung Redeb. Dari Tanjung Redeb, perjalanan ditempuh dalam waktu 2 jam. Bila anda dari Tanjung Selor, waktu yang ditempuh menuju air terjun idaman adalah 30 menit. Akses masuk menuju air terjun idaman berada di sebelah kiri jalan poros dari arah Tanjung Redeb, dimana terlihat ada pagar dari papan kayu ulin.

Ijin Pemilik Lahan Air TerjunLahan air terjun idaman masih belum dibebaskan oleh pemerintah daerah setempat, masih dalam tahap DED (detailed engineering design) dan persiapan pembebasan lahan, sehingga setiap pengunjung yang ingin menuju air terjun idaman, disarankan ijin terlebih dahulu kepada pemilik lahan. Berdasarkan penilikan saya, pemilik lahan tergolong orang yang ramah dan sangat baik. Pandangan pertama saat bertamu, memang terlihat sedikit seram dan terlihat kurang bersahabat. Namun setelah dilakukan pembicaraan, pandangan tersebut seketika berubah 180 derajat. Sang pemilik lahan sangatlah baik dan terbuka. Bahkan saat hendak pulang, kami diberikan singkong dari kebunnya dan diijinkan untuk menggunakan kamar mandi untuk membilas tubuh dan berganti pakaian. Diketahui sang pemilik takut akan lahan sawit dan tanaman lain miliknya akan diganggu oleh pengunjung yang datang. Ditambah lagi, akses menuju air terjun idaman, masih belum dibebaskan oleh pemda setempat.

Setelah diijinkan untuk masuk menuju air terjun idaman, tim akhirnya bergerak, berjalan kaki menyusuri hutan belantara dengan jalan setapak yang ada. Saat berjalan sekitar 200m, jalan yang ditempuh sangat lebar, bahkan bila diijinkan, kendaraan pun bisa melaluinya. Namun setelah itu, track jalan langsung berubah. Tim harus berjalan menyusuri hutan belantara dengan jalan setapak yang ada. Jalan mendaki dan menurun serta berliku selama 30 menit harus dilalui untuk sampai di air terjun idaman. Sepanjang perjalanan, pemandangan hutan tropis kalimantan akan memanjakan mata anda. Kicauan burung yang bersambutan terkadang terdengar sangat jelas mengiringi jejak langkah kaki yang ditinggalkan.

Portal untuk akses masuk menuju Air Terjun Idaman, Bulungan

Portal untuk akses masuk menuju Air Terjun Idaman, Bulungan

Jalan Menuju Air Terjun Idaman

Jalan Menuju Air Terjun Idaman

Jalan setapak menyusuri hutan belantara menuju air terjun idaman

Jalan setapak menyusuri hutan belantara menuju air terjun idaman

Gemericik aliran air pun mulai terdengar. Track menurun yang cukup tajam dengan tanah yang basah akibat hujan semalam, tidak membuat langkah kaki menurunkan kecepatan. Aliran air pun telah nampak. Berjalan sejenak, tampak tingkat pertama air terjun idaman di depan mata. Air terjun idaman terdiri dari tiga tingkatan, yaitu tingkat pertama dengan tinggi kira-kira 5 meter. Tingkat kedua, dengan tinggi kira-kira 2 meter. Tingkat ketiga dengan tinggi kira-kira 15 meter.

Tingkap pertama air terjun idaman bulungan

Tingkap pertama air terjun idaman bulungan

Tingkat Pertama Air terjun idaman bulungan

Tingkat Pertama Air terjun idaman

Untuk mencapai setiap tingkatan air terjun idaman, anda harus menyusuri jalan kecil sisi tebing menyusuri pinggir sungai. Anda harus ekstra hati-hati karena jalannya licin dan sempit. Di beberapa titik, tidak memungkinkan bila dua orang berjalan bersamaan.

Tingkatan Air Terjun Idaman Bulungan

Tingkatan Air Terjun Idaman Bulungan

Tingkatan terakhir air terjun idaman memiliki tinggi sekitar 15 meter. Suasana yang sejuk dengan pohon yang rindang diiringi alunan gemericik air yang berjatuhan, terasa menenangkan. Sejenak menenangkan hati dan pikiran, menyatu dengan alam.

Tingkat Terakhir Air Terjun idaman Bulungan

Tingkat Terakhir Air Terjun Idaman Bulungan

Foto di Air Terjun Idaman Bulungan

Foto di Air Terjun Idaman Bulungan

Foto di Air Terjun Idaman Bulungan 2

Foto di Air Terjun Idaman Bulungan

Air terjun idaman, masih sangat jauh dari kategori fasilitas wisata yang layak karena sulitnya akses dan minimnya informasi yang ada. Pemerintah daerah setempat bila serius menggarap spot wisata ini, harus segera menerapkan langkah cepat dengan pembenahan infrastruktur dan fasilitas penunjang serta legalitas lahan sehingga air terjun idaman dapat menjadi salah satu andalan daerah wisata kabupaten bulungan. Pelestarian kualitas air pun perlu diperhatikan karena daerah aliran sungai menuju air terjun idaman merupakan lahan perkebunan sawit. Perlu dilakukan pencegahan dan pengawasan ketat mengenai hal tersebut.

Sebagai ucapan penutup, mari jaga kebersihan setiap daerah wisata yang kita kunjungi.

Jangan bunuh sesuatu kecuali waktu

Jangan ambil sesuatu kecuali gambar

Jangan tinggalkan sesuatu kecuali jejak

Selamat berlibur, selamat berwisata, selamat menikmati keindahan alam air terjun idaman!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s